08 Maret

Download Kumpulan Soal OSK, OSP, OSN SMP 2018 & Pembahasan

Download Soal OSK, OSP, OSN SMP 2018 & Pembahasan. Pada kesempatan ini, kami akan membagikan koleksi Kumpulan Soal, Jawaban dan Pembahasan Olimpiade Sain SMP yang terdiri dari OSK, OSP dan OSN. Pada Tahun 2018 ini, seleksi Olimpiade Sain akan dimulai sejak bulan februari yang dimulai dari seleksi tingkat sekolah, kemudian untuk tingkat kabupaten akan dimulai pada bulan maret 2018. Tentunya dibutuhkan persiapan yang matang sekali untuk mengikuti olimpiade ini. Karena yang jelas pesaing untuk merebutkan juara di tingkat kabupaten/kota maupun tingkat provinsi sangatlah hebat-hebat. Mereka memiliki guru pembimbing yang super hebat. Karena pada olimpiade sains ini akan melombakan anak-anak bangsa yang jago-jago dalam ilmu sains di seluruh Indonesia. 


Soal & Pembahasan OSK, OSP, OSN SMP Tahun 2018.  Pada artikel ini memang sengaja kami berikan beberapa link downoad yang dapat digunakan untuk mengunduh beberapa file soal dan juga pembahasannya. Ada 3 macam soal yang bisa anda download pada halaman ini, diantaranya adalah matematika, IPA dan IPS. Koleksi soal ini telah kami dapat dari beberapa website dan juga koleksi pribadi. Ada juga soal-soal dari tahun-tahun sebelumnya yang sangat berguna untuk digunakan sebagai bahan latihan mengerjakan soal Olimpiade Sains jenjang SMP ini. 

Kumpulan Soal OSK, OSP, OSN SMP 2018. Berbicara mengenai prediksi, tentunya soal-soal yang akan keluar tidaklah jauh berbeda dengan soal-soal di tahun-tahun biasanya. Untuk materi pelajaran yang akan diujikan semuanya sudah dijelaskan dalam file Silabus soal OSN yang telah kami bagikan sebelumnya. . Untuk tahun ini, mata pelajaran yang akan diujikan ada 3 macam, diantaranya yaitu: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Untuk Seleksi tingkat kabupaten, soal yang akan diujikan rata-rata berbentuk pilihan ganda semua, akan tetapi pada saat seleksi tingkat Provinsi akan muncul soal berbentuk uraian (essay), sedangkan ketika seleksi tingkat nasional ada pula soal yang berbentuk Praktikum (bentuk soal esai) dan juga tes keterampilan.
Download Juga: Petunjuk Pelaksanaan OSN SMP 2018
Beberapa contoh soal yang kami bagikan ini bukan semata-mata kami buat tersendiri. Namun, berasal dari kumpulan soal-soal OSN dari tahun ke tahun dan juga ada pembahasan soal yang disertai jawaban. Jadi kumpulan soal ini sangatlah bermanfaat untuk para siswa yang akan mengikuti seleksi tingkat kabupaten, provinsi dan nasional di Olimpiade Sains SMP Tahun 2018 ini. 

Soal-Soal pada OSN SMP Tahun 2018 ini tentunya tidaklah jauh-jauh dari Silabus yang telah diterbitkan untuk OSN SMP Tahun 2018 ini. Berikut ini akan kami ulas kembali mengenai materi-materi yang akan diujian pada masing-masing mata pelajaran untuk OSN SMP Tahun 2018 ini. 

Matematika
Soal-soal yang akan keluar untuk mata pelajaran Matematika adalah soal mengenai materi-materi sebagai berikut:
1. Bilangan, yang terdiri dari Bilangan bulat, bilangan berpangkat, bilangan rasional/akar, barisan dan deret.
2. Aljabar, yang terdiri dari Himpunan, relasi dan fungsi, perbandingan senilai dan berbalik nilai, aritmatika sosial dan persamaan dan pertidak samaan.
3. Geometri, yang terdiri dari Garis dan sudut, Bangun datar, teorema phytagoras, tranformasi, bangun ruang dan luas permukaan, volume, jaring-jaring dsb.
4. Statistika dan Peluang, yang terdiri dari rata-rata, median, modus data tunggal dan penafsirannya, penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, grafik dan penafsirannya, Percobaan dan ruang sampel, aturan pencacahan dan peluang suatu kejadian.
5. Kapita Selekta yang terdiri dari Masalah matematika kontekstual yang berkaitan dengan bilangan, aljabar, geometri, statistika dan peluang.

Untuk materi pelajaran IPA dan IPS anda bisa langsung melihatnya pada SILABOS OSN SMP Tahun 2018.
Download Juga: Silabus Semua Mapel Soal OSN SMP 2018
Itulah tadi informasi mengenai materi dan bab yang harus dipelajarai apabila anda ingin mengikuti seleksi Olimpiade Sain SMP tingkat Kabupaten/Kota di daerah anda masing-masing. jangan lupa banyak belajar dan juga percaya pada kemampuan diri sendiri. karena apabila anda mempercayai kemampuan diri sendiri dan yakin bahwa diri kalian mampu memperoleh kesuksesan dari OSN tahun 2018 ini, hal tersebut akan memacu semangat kalian untuk belajar lebih giat lagi.
Pesan dari kami, jangan sampai lupa berdo'a dan minta doa atau restu dari kedua orang tua kalian. 

Untuk mengunduh beberapa file soal OSN SMP bisa melalui link download di bawah ini:

Link Download: 

Soal OSK Matematika Kabupaten :

Provinsi;

Nasional:

Soal Olimpiade Sains SMP IPA  Tingkat Kabupaten

Tingkat Provinsi

Ditahun 2015 pelajaran biologi dan fisika digabung menjadi 1 pelajaran IPA dan sedikit ditambah materi sains lainnya:


Soal Olimpiade Sains IPS SMP
Tingkat Kabupaten

Tingkat Provinsi

0 komentar:

Posting Komentar