08 Maret

Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1 Bab 2

Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1 Bab 2 : Sahabat Nadi Guru, Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dajarkan di sekolah pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia. Pelajaran ini pun dijadikan sebagai salah satu pelajaran yang diujikan secara nasional atau dikenal sebagai Ujian Nasional atau UN.
Di bawah ini adalah beberapa contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1 Bab 2, yang bisa Anda pelajari!

1. Cermatilah gambar-gambar di bawah ini!

Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1 Bab 2

a. Buatlah kalimat berita positif dan negatif berdasarkan gambar di atas!
b. Buatlah kalimat dengan pemarkah jangan berdasarkan gambar di atas!

2. Pahami teks berita di bawah ini!

Flu Burung Serang Dua Korban Lagi
Korban flu burung di Bandung, Jabar, bertambah. Kemarin dua pasien yang mengalami gejala flu burung datang ke ruang Isolasi Flamboyan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Pasien tersebut, Rohendi, 62 tahun, warga Kampung Cipamokolan, Kelurahan Rancasari, Kecamatan Riung Bandung, Kota Bandung. Penderita kedua adalah Intan, 3 tahun, warga Kampung Sukarame, Gang Nusa Indah/H. Adang, Desa Simdang panon, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung.
Menurut Ketua Tim Penanggulangan Flu Burung RSHS dr. Hadi Jusuf, Rohendi datang berdasarkan rujukan dari Puskesmas Riung Bandung, Senin sekitar pukul 19.00 WIB. Dia mengalami gejala panas dan batuk, tetapi tidak ada sesak napas. Sedangkan Intan tiba sekitar pukul 09.00 WIB. Gejalanya panas, batuk, dan ada sesak napas.
Kedua pasien tersebut, lanjut Hadi, ditangani berdasarkan prosedur tetap flu burung. Terutama pemberian obat-obatan seperti tamiflu dan antibiotik yang lain.
Sumber: Jawa Pos, 1 November 2006

a. Tentukan 5W + 1H dalam teks berita tersebut!
b. Buatlah simpulan berdasarkan teks berita tersebut!

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1 Bab 2, yang bersumber dari buku Bse Depdiknas Cakap Berbahasa Indonesia Kelas VII. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar