05 Maret

Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1 Bab 1

Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1 Bab 1 : Sahabat Nadi Guru, Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang wajib dajarkan di setiap jenjang pendidikan di Indonesia. Pelajaran ini pun dijadikan sebagai salah satu pelajaran yang diujikan secara nasional atau dikenal sebagai Ujian Nasional atau UN dan USM untuk tingkat SD.
Di bawah ini adalah beberapa contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1 Bab 1, yang bisa Anda pelajari!

Kerjakan kegiatan berikut ini!
1. Tentukan arti kata-kata yang bercetak tebal dan miring dalam bacaan di bawah ini!

Hasil Penyaringan Lumpur Aman Dibuang ke Laut Air hasil pengolahan sistem penyaringan lumpur panas aman untuk mengembangbiakkan biota di laut. Hal ini berdasarkan hasil uji Laboratorium ITS Surabaya, setelah dilakukan  penelitian  pada keadaan air lumpur.
Anggota Tim II penanganan lumpur panas LBI dari ITS, Ir. Tantowi Ismail, M.Sc., saat rapat koordinasi Tim II dengan Muspida Jatim di kantor Bapedal Jatim, Rabu mengatakan bahwa jika keasinan air laut di Selat Madura 13,7 ppt maka keasinan air lumpur hanya 5,6 ppt. Jadi, nelayan tidak perlu khawatir. (Sumber: www.jatim.go.id)

2. Buatlah kalimat baru dengan istilah-istilah pada soal nomor 1!
3. Tulislah salah satu pengalaman yang kamu alami. Lakukan seolah-olah kamu menulis buku harian! Gunakan imbuhan meN- transitif dan intransitif!
4. Gantilah kata atau frasa bercetak miring dalam kalimat-kalimat di bawah ini dengan ungkapan yang tepat! Pilihlah dari ungkapan yang tersedia.
a. Andi suka mencuri barang milik temannya.
b. Tata anak kesayangan Pak Beni.
c. Gadis desa itu sedang menjadi bahan pembicaraan di kampungku.
d. Galih anak orang kaya, tetapi ia tidak sombong.
e. Raja itu mangkat setelah menderita sakit.

Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1 Bab 1


5. Bacalah kutipan dongeng berikut. Kemudian, tentukan hal-hal menarik
dalam dongeng dan tunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi
sekarang!

. . . .
”Wah celaka! Tombak itu terbawa lari, aku harus mengambilnya kembali,” gumam Sangmaima dengan perasaan cemas.
Ia pun segera mengejar binatang buruan, namun pengejarannya sia-sia. Ia hanya menemukan gagang tombaknya di semak-semak. Sementara mata tombak masih melekat pada lambung binatang yang melarikan diri. Sangmaima mulai panik.
”Waduh, gawat! Abangku pasti akan marah kepadaku jika mengetahui hal ini,” gumam Sangmaima. Akhirnya, ia pun memutuskan untuk kembali ke rumah dan memberitahukan hal itu kepada Abangnya.
”Maaf, Bang! Aku tidak berhasil menjaga tombak pusaka milik Abang. Tombak itu terbawa lari oleh binatang buruanku,” lapor Sangmaima.
”Aku tidak mau tahu itu! Kamu harus mengembalikan tombak itu apa pun caranya,” kata
Datu Dalu kepada adiknya dengan nada kesal.
”Baiklah, Bang! Hari ini juga aku akan mencarinya,” jawab Sangmaima.
”Sudah, jangan banyak bicara! Cepat berangkat!” perintah Datu Palu.
. . . .

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1 Bab 1, yang bersumber dari buku Bse Depdiknas Cakap Berbahasa Indonesia Kelas VII. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar