22 Maret

Soal B. Indonesia Kelas 5 SD Bab 8 : Kegemaran

Soal B. Indonesia Kelas 5 SD Bab 8 Tentang Kegemaran : Assalamualaikum,,, materi yang terdapat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD di Bab 8 adalah tentang Kegemaran. Yang kemudian materi tersebut dikembangkan lagi menjadi sub bab yaitu Membaca Berbagai Bacaan dan Menyampaikan Komentar.

Adapun contoh Soal B. Indonesia Kelas 5 SD Bab 8 tentang Kegemaran adalah sebagai berikut:

1. Bacalah dua berita tentang kejahatan dari koran yang berbeda. Bandingkanlah kedua berita itu. Tuliskanlah berdasarkan persamaan dan perbedaan dari kedua berita tersebut.

2. Tulislah komentarmu tentang kejadian Tono.

Tono senang sekali bermain sepeda. Dia sering bersepeda mengelilingi kompleks. Tono senang kebut-kebutan dengan sepedanya. Tono tidak pernah memedulikan keadaan di sekitarnya. Suatu sore, dia terjatuh dari sepedanya karena Tono menabrak tukang sayur yang sedang lewat. Tono pun dimarahi oleh tukang sayur tersebut.

Bacalah dua berita berikut.
Bacaan 1
Suporter Liga Indonesia
Sepakbola merupakan olahraga yang paling disegani di Indonesia. Orang berbondong-bondong untuk menonton pertandingan sepakbola secara  langsung. Setiap daerah memiliki tim jagoannya masing-masing. Kefanatikan suporter kadang menjadi gambaran negatif dari sepakbola kita. Wasit sering menjadi korban pemukulan suporter. Tim-tim sepakbola sering dikenai sanksi karena tidak mampu mengatur ulah suporternya. Berbagai cara dilakukan untuk mendamaikan para suporter, tetapi hasilnya tetap nihil.

Bacaan 2
Suporter Liga Inggris
Siaran langsung sepakbola Liga Inggris sering kita saksikan di televisi setiap akhir pekan. Aksi-aksi pemain  Liga Inggris dikagumi masyarakat dunia. Dari layar televisi, kita melihat suporter Liga Inggris sangat rapi. Mereka duduk di tempat masing-masing tanpa melaku kan anarkis. Suasana pertandingan Liga Inggris sangat kondusif. Klub sepakbola, wasit, dan suporter saling menghargai tanggung jawabnya masing-masing.

3. Bandingkanlah isi kedua teks bacaan tersebut. Tuliskanlah berdasarkan persamaan dan perbedaaan dari isi kedua bacaan tersebut.

4. Kemukakanlah hasil pekerjaanmu di depan teman-temanmu. Mintalah tanggapan dan masukan dari teman-temanmu tersebut.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan Soal B. Indonesia Kelas 5 SD Bab 8 tentang Kegemaran, yang bersumber dari Buku Bse Belajar Bahasa Indonesia Itu Menyenangkan untuk Kelas V. Semoga bermanfaat!!!

0 komentar:

Posting Komentar