29 Maret

Kumpulan Soal Pecahan Matematika Kelas 3 SD

Soal Pecahan Matematika Kelas 3 SD : Pecahan merupakan salah satu materi yang diajarkan di kelas 3 SD. Contoh pecahan misalnya, satu buah semangka milik Andi dipotong menjadi lima bagian yang sama besar. 2 potong diberikan kepada temannya. Berapa bagian sisa potongan semangka milik Andi sekarang. Jawabannya adalah sisa semangka miliki Andi yaitu 3/5 bagian.

Nah, di bawah ini adalah beberapa contoh soal yang berhubungan dengan pecahan di kelas 3 SD. Silahkan kamu kerjakan secara mandiri dan juga bersama orangtua.

A. Jawablah Pertanyaaan di bawah ini dengan benar!
1. Gambar kembali bangun berikut.  Lalu Tuliskanlah nilai pecahan dari bagian yang diarsir!

Kumpulan Soal Pecahan Matematika Kelas 3 SD


2. Bacalah pecahan-pecahan berikut!

Kumpulan Soal Pecahan Matematika Kelas 3 SD


3. Tuliskan lambang dari pecahan berikut!
a. Tiga persembilan ditulis ....  
b. Satu persebelas ditulis ....   
c.  Dua persepuluh ditulis ....
d. Dua perlima ditulis ....
e. Lima pertujuh ditulis ....
f. Empat perdua belas ditulis ....
g. Tujuh persembilan ditulis….
h. Delapan pertigabelas ditulis ….
i. Sembilan perdua puluh lima ditulis …
j. sebelas pertiga belas ditulis ….

B. Jawablah Pertanyaaan di bawah ini dengan benar!
1. Hisam mempunyai selembar kertas karton. Kertas itu digunting menjadi enam bagian sama besar. Berapa bagiankah tiap potongan kertas tersebut?
2.  Ardan mempunyai sebuah potongan besi. Besi tersebut dipotong menjadi tujuh bagian yang sama panjang. Berapa bagiankah tiap potongan besi Ardan?
3. Sehelai kertas dilipat di bagian tengahnya. Jika proses melipat ini dilakukan tiga kali, berapakah nilai  pecahan untuk tiap bagian?
4.  Semangka A dibelah menjadi 2 bagian.  Semangka B dibelah menjadi 5 bagian.  Berapakah nilai satu  bagian dari semangka A dan B?
5. Dudung mempunyai 5 rambutan. 2 Rambutan diberikan kepada Toha. Berapa bagian yang diterima Toho jika dinyatakan dalam pecahan?
6. Ramadan mempunyai kawat yang panjangnya 1 meter. Ayahnya memotong kawat tersebut menjadi 3 bagian yang sama panjang. Berapa meterkah panjang tiap potongan kawat?
7. Safira mempunyai sebotol sirup, kemudian ia menuangkannya kedalam 5 gelas sama banyak. Berapa bagian jumlah sirup di dalam setiap gelas?
8. Amin membeli sebuah tali, tali itu akan dipotong-potong menjadi 4 bagian yang sama panjang. Berapa bagian panjang setiap tali?
9. Ina dan Rani membeli sebatang coklat, coklat tersebut akan dipotong menjadi 2 bagian sama besar. Berapa bagian coklat yang diterima masing-masing anak?
10. Ibu membeli 1 kg gula, gula tersebut disimpan dalam 4 toples kecil sama banyak. Berapa kg gula yang ada di setiap toples?
11. Sebuah jeruk bali dibagi menjadi 6 bagian yang sama. Mia mengambil 2 bagian dan Nina mengambil 3 bagian. Siapa yang mengambil bagian yang lebih banyak?
12. Ada 2 semangka yang sama besar, yaitu semangka A dan B. Semangka A dibagi 5 bagian yang sama dan semangka B dibagi 6 bagian yang sama. Koko mengambil 1 bagian semangka A dan Adi mengambil 1 bagian dari semangka B. Siapakah yang memakan semangka lebih banyak?

C. Lengkapilah garis bilangan dengan pecahan yang sesuai!

Kumpulan Soal Pecahan Matematika Kelas 3 SD


Demikian informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan Kumpulan Soal Pecahan Matematika Kelas 3 SD, yang bersumber dari beberapa buku Bse Depdiknas. Selamat belajar dan semoga sukses!!!

0 komentar:

Posting Komentar