02 April

Soal dan Pembahasan UN Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 TA 2013/2014 (3)

       3. Indikator UN:Menentukan perbedaan penyajian berita
Indikator Soal: Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian teks berita tersebut.


Soal                 :
Bacalah kutipan teks berita berikut!
Teks Berita I
Teks Berita II
Hingga Minggu (17/7) tiga dari empat korban longsor di tambang batu kapur Gunung Tugulasi, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobongan, belum berhasil dievakuasi. Proses evakuasi terhadap korban yang tertimbun sejak (16/7) petang berjalan lamban karena terkendala medan dan alat berat.
Longsor di area penambangan Gunung Tugulasi terjadi pada Sabtu (16/7) pukul 15.30 WIB. Tiga orang selamat, dua luka berat, dan empat pekerja lainnya tertimbun longsor. Sejak Sabtu – Minggu   sore sejumlah pejabat terus mengupayakan eskavator tetapi tidak kunjung mendapatkan alat berat tersebut.

Perbedaan penyajian teks kedua kutipan  teks  berita tersebut adalah ….

Teks Berita I
Teks Berita I
A
diawali dengan unsur berita apa
diawali dengan unsur berita mengapa
B
diawali dengan unsur berita kapan
diawali dengan unsur berita apa
C
diakhiri dengan unsur berita bagaimana
diakhiri dengan unsur berita kapan
D
diakhiri dengan unsur berita apa
diakhiri dengan unsur berita siapa

Kunci              : B

Pembahasan  :
Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W + 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when(kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Ada juga dalam bahasa Indonesia dikenal singkatan ASDAMBA (A=apa, S=siapa, D=di mana, A=apabila/kapan, M=mengapa, dan Ba=bagaimana). Selain itu, terdapat istilah ADIKSIMBA (A=apa, Di=di mana, K=kapan, Si=siapa, M=mengapa, Ba=bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan berita harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya, seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.

Teks berita I: Waktu (kapan)  Hingga Minggu (17/7)

Teks berita II: Apa yang terjadi? Longsor 

0 komentar:

Posting Komentar