03 April

Penjabaran SKL ke Dalam Kisi-Kisi Soal IPA Biologi

PENJABARAN SKL KE DALAM KISI-KISI SOAL IPA-BIOLOGI

N0
STANDAR KOMPETENSI   LULUSAN (SKL)
INDIKATOR SKL
MATERI
PREDIKSI INDIKATOR SOAL UN 2014
No Butir Soal
9
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
22.  Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
Bahan kimia dan dampaknya
·         Bahan kimia makanan
·         Bahan kimia RT

·     Disajikan beberap bahan kimia makanan, peserta didik dapat dapat mengidentifikasi bahan pemanis sesuai pernyataan tersebut
·     Disajikan pernyataan tentang komposisi bahan kimia yang terdapat pada produk makanan peserta didik dapat mengidentifikasi bahan kimia sintetis yang terdapat pada produk tersebut
·     Disajikan pernyataan tentang kotoran tertentu yang melekat pada  pakaian, peserta didik dapat menjelaskan cara menghilangkan kotoran tersebut dengan menggunakan bahan kimia rumah tangga tertentu
22
23.  Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagitubuh manusia
·     Zat adiktif/
Psikotropika
·         Jenis dan
Pengaruh fisik/fisiologi/psikis
·         Golongan psikotropika
·         Usaha menghindari dari narkoba
·     Disajikan beberapa pernyataan yang berhubungan dengan akibat mengkonsumsi narkotika, peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh fisiologi akibat mengkonsumsi zat narkotika tertentu
·     Disajikan beberapa pernyataan yang berhubungan dengan perilaku dan narkoba, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku mengindar dari narkoba yang tepat
·     Peserta didik dapat memberi contoh golongan zat adiktif
23
10
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
24.  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
·     Ciri-ciri makhluk hidup
·      Peserta didik dapat memberikan salah satu contoh ciri makhluk hidup
·      Disajikan gambar yang menunjukkan ciri makhluk hidup, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis ciri makhluk hidup tersebut
·      Disajikan gambar makhluk hidup yang memiliki ciri tertentu, peserta didik dapat menentukan ciri makhluk hidup sesuai dengan ciri yang ditunjukkan oleh gambar
24
25.  Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
·     Pengelompokkan makhluk hidup:
·   Kingdom plantae (lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji)
·   Kingdom animalia (avertebrata dan vertebrata)

·      Disajikan beberapa gambar hewan, peserta didik dapat menentukan kelompok hewan berdasar ciri/kekerabatan  yang dimiliki
·      Disajikan beberapa gambar tanaman, peserta didik dapat mengelompokkan tanaman tersebut berdasarkan ciri yang dimilikinya
·      Disajikan beberapa gambar tanaman, peserta didik dapat mengelompokkan berdasar kedekatan ciri yang dimiliki
25
11
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
26.  Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
·     Interaksi makhluk hidup  dalam ekosistem
·         Rantai makanan
·         Jaring makanan

·    Disajikan gambar jaring makanan, peserta didik dapat menentukan makhluk hidup yang menduduki konsumen tertentu
·    Disajikan gambar jaring makanan peserta didik dapat menentukan hewan yang menduduki konsumen tingkat tertentu
·    Disajikan gambar tentang rantai makanan, peserta didik dapat menentukan makhluk hidup yang menduduki tingkat trofik tertentu
26
27.  Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
·     Pencemaran dan kerusakan lingkungan serta usaha mengatasinya

·     Disajikan gambar kerusakan lingkungan, peserta didik dapat menjelaskan usaha untuk mencegah kerusakan yang lebih parah
·     Diasajikan gambar kerusakan suatu lahan tertentu peserta didik dapat menjelaskan usaha yang tepat untukm menghindari kerusakan/kerugian yang lebih besar
·     Disajikan pernyataan tentang dampak bahan tertentu yang mengakibatkan kerusakan lingkungan, peserta didik dapat menjelaskan usaha untuk mengurangi dampak kerusakan yang lebih besar
27
28.  Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus.
Kepadatan penduduk dan kualitas lingkungan
·         Disajikan data berupa gambar histogram/grafik tentang pertumbuhan penduduk, peserta didik dapat memprediksi kualitas lingkungan dari pertumbuhan penduduk tersebut.
·         Disajikan data dalam bentuk histogram/grafik tentang pertumbuhan penduduk dan luas daerah di beberapa daerah, peserta didik dapat memprediksi daerah yang memiliki resiko kualitas lingkungan paling buruk
·     Disajikan data berupa histogram/grafik tentang kepadatan penduduk di beberapa daerah, peserta didik dapat memprediksikan daerah yang memiliki tingkat kebutuhan air bersih paling sedikit
28
12
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
29.  Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
·     Sistem Peredaran Darah:
·         Peredaran darah
·         Penyakit sistem  peredaran darah

·    Disajikan beberapa nama penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah, peserta didik dapat mengidentifikasi penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah
·    Disajikan gambar peredaran darah pada manusia, peserta didik dapat menentukan urutan proses peredaran darah besar/kecil
·    Peserta didik dapat menyebutkan pembuluh arteri yang banyak mengandung karbondioksida
29
30.  Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
·     Sistem Pencernaan
·         Alat pencernaan
·         Enzim pencernaan
·      Disajikan gambar sistem pencernaan, peserta didik dapat menjelaskan proses yang terjadi pada bagian yang ditunjuk
·      Peserta didik dapat menjelaskan bagian pencernaan yang berperan menghasilkan kelenjar tertentu
·      Disajikan contoh gejala/ciri penyakit/infeksi yang menyerang pada sistem pencernaan, peserta didik dapat menyebutkan bagian yang mengalami infeksi pada sistem pencernaan sesuai dengan ciri tersebut
30
31.  Menjelaskan system pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
·     System pernapasan pada manusia
·         Alat pernapasan
·         Mekanisme pernapasan
·         penyakit
·     Disajikan gambar alat pernapasan, siswa dapat menentukan penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan
·     Disajikan  data mekanisme pernapasan, siswa dapat menentukan mekanisme pernapasan dada/perut
·      siswa dapat menentukan penyakit pada system organ pernapasan
31
·     Sistem gerak pada manusia
·         Rangka
·         Sendi
·         Otot
·         penyakit
·     Disajikan gambar tentang kelainan pada tulang, siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya kelainan tersebut.
·     Siswa dapat menentukan penyakit yang berhubungan dengan tulang.
·     Disajikan gambar salah satu jenis  otot, siswa  dapat menentukan jenis otot tersebut.
32.             
33.  Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/ penyakit yang berhubungan
dengannya.
·         Sistem ekskresi dan Sistem reproduksi pada manusia
·     Disajikan gambar alat reproduksi wanita, siswa dapat menentukan salah satu fungsi bagian alat reproduksi tersebut
·     Disajikan gambar alat reproduksi pria, siswa dapat menentukan salah satu fungsi bagian alat reproduksi yang ditunjuk
·     Disajikan gambar alat ekskresi pada manusia, siswa dapat menentkan salah satu fungsi bagian yang ditunjuk
33.             
34.  Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
·     System saraf pada manusia
·     Alat indera
·     Disajikan gambar alat indra, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk
·     Disajikan gambar organ mata, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang di tunjuk
·     Disajikan gambar system saraf, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk 
34.             
13
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
35.  Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
·     struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan
·     Disajikan gambar penampang melintang salah satu organ pada tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
·     Siswa dapat menentukan organ tumbuhan yang mengalami modifikasi menjadi organ lain
·     Disajikan gambar penampang melintang salah satu organ pada tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk.
35.             
36.  Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
·     respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
·     Siswa dapat menentukan bentuk respon yang dilakukan oleh jenis tumbuhan tertentu apabila ada pengaruh rangsang dari lingkungan luar
·     Siswa dapat menentukan bentuk respon yang dilakukan oleh jenis tumbuhan tertentu apabila ada pengaruh dari lingkungan luar.
·     Siswa dapat menentukan bentuk respon yang dilakukan oleh jenis tumbuhan tertentu apabila ada pengaruh dari lingkungan luar
36.             
37.  Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
·     percobaan-percobaan fotosintesis
·     Disajikan gambar tentang tahapan percobaan Sach, siswa dapat menjelasakan tujuan dari salah satu tahapan tersebut
·     Disajikan gambar tentang tahapan percobaan Sach, siswa dapat menjelasakan tujuan dari salah satu tahapan tersebut
·     Disajikan gambar percobaan Ingenhousz siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada percobaan tersebut
37.             
14
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
38.  Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
·     adaptasi makhluk hidup/seleksi alam
·     Disajikan beberapa contoh adaptasi makhluk hidup, siswa dapat menentukan macam adaptasi tertentu
·     Disajikan beberapa contoh adaptasi makhluk hidup, siswa dapat menentukan contoh bentuk adaptasi tertentu
·     Disajikan beberapa contoh adaptasi makhluk hidup, siswa dapat menentukan contoh bentuk adaptasi tertentu
38.             
39.  Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
·     persilangan berdasarkan hukum Mendel
·     Disajikan pernyataan/data persilangan dihibrid dominasi penuh, siswa dapat menentukan perbandingan genotip/fenotip F2
·     Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrid intermedier, siswa dapat menentukan jumlah/persentase individu berfenotip tertentu pada F2 dari hasil persilangan F1
·     Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrid intermedier, siswa dapat menentukan jumlah/persentase individu berfenotip tertentu pada F2 dari hasil persilangan F1
39.             
40.  Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
·     pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
·     Siswa dapat memberi contoh salah satu mikroba yang dimanfaatkan dalam produk bioteknologi konvensional
·     Siswa dapat menjelaskan manfaat dari salah satu produk bioteknologi konvensional
·     Siswa dapat memberi contoh jenis mikroba yang dimanfaatkan dalam produk bioteknologi konvensional
40.             

0 komentar:

Posting Komentar