10 September

BANK SOAL AGAMA ISLAM KELAS 6 SD

Kumpulan bank soal ini menampilkan soal-soal langsung jawaban untuk mempermudah para siswa belajar dan merupakan suatu kumpulan soal-soal SD,SMP dan Artikel baik yang baru maupun yang lama.
1. Surat al-Kafirun adalah surat yang ke 109 dan terletak pada juz 30,terdiri dari 6 ayat  dan turun di Kota Mekah. arti surat al Kafirun adalah .......Orang orang kafir

2. Surat al-Kafirun  menceritakan  kisah Nabi Muhammad saw. dengan orang kafir mekah. Orang kafir mekah menyembah ......Berhala

3. Menyembah berhala perbuatan ........syirik

4. Perbuatan  Syirik adalah ......... dosa besar dan tidak akan pernah diampuni oleh Allah Swt.

5. Sikap menghormati  dan menghargai  pemeluk agama lain  disebut.......toleransi

6. Nabi Muhammad hijrah  ke .......Madinah

7. Nabi Muhammad hijrah bersama   .......Abu Bakar

8. Yang tidur di tempat tidurnya Nabi Muhammad pada waktu Nabi Muhammad saw hijrah adalah   ......Ali bin Abi Talib

9. Arti As-Samad adalah ....Yang Menjadi Tumpuan,Yang Maha Dibutuhkan,atau tempat bergantungnya makhluk. As- Samad adalah Tuhan Yang Maha Dibutuhkan. Semua makhluk  di dunia ini membutuhkan  Allah dan bergantung sepenuhnya kaepada Allah.

10. Jaumlah Asmaul Kusnah ada ......99

11. Tugas utama Manusia adalah .....Beribadah kepada Allah

12. Arti- Almuqtadir adalah .....Yang Maha Kuasa .Allah Maha Berkuasa atas segala  sesuatu, Allah menguasai  alam semesta  beserta semua isinya karena Allah adalah penceptanya.

13. Al-Muqaddin  adalah ......Maha Mendahului,Allah mendahului  semua mkhluk-Nya,Allah terdahulu,Allah telah ada sebelum  ada semesta ini ada , Sebagai pencipta alam semesta beserta segala isinya, Allah lebih dahulu  dari yang diciptakan-Nya.

14. Arti Al- Baqi adalah.....Yang Mahakekal,Allah itu Mahakekal,abadi dan tidak pernah rusak ,Allah berbeda dengan mkhluk-Nya semua makhluk akan mengalami kematian,alam semesta ini akan mengalami kehancuran,Satu-satunya yang kekal dan abadi  adalah Allah,Allah Sang Kholik,Maha Pencipta segala sesuatu.

15. Nabi Musa a.s hidup pada zaman  kerajaan ....Fir'aun

16. Fir'aun adalah .....seorang raja yang sombaong dan takabur

17. Fir'aun dan balatentaranya tenggelam di laut .....Merah

18. Toleransi adalah....Sikap menghormati dan menghargai orang lain

19. Arti Zakat ....Zakat menurut bahasa berarti Penyucian,Dalam ajara Islam Zakat adalah  mengeluarkan sebagian harta  kepada yang berhak menerimanya apa bila sudah mencapai Nisab.

20. Nisab  adalah ..... kadar atau ukuran dari harta benda  yang kita miliki.

21. Macam - macam zakat antara lain .....zakat binatang ternak,zakat mas dan perak, hasil pertanian,Hasil perdagangan, Rikaz atau barang temuan

22. Zakat Fitrah adalah .....zakat yang dikeluarkan oleh setiap umat islam  pada akhir bulan Ramadan.

23. Orang yang berhak menerima zakat ada 8 yaitu .....Pakir,Miskin,Mualaf,Riqab,Garim,Sabilillah,Ibnu Sabil.

24. Nama lengkap Nabi Yunus a.s. adalah .....Yunus bin Matta Abu Matta bi Bunyamin binya'qub a.s Daerah asal Nabu Yunus a.s. adalah Palestina . Nabi Yunus a.a berdakwah di penduduk Ninawa yang berada dalam kegelapan.Mereka menyembah berhala.

25. Salah satu Nabi yang ditelan ikan tidak matia adalah........ Nabi Yunus a.s

26. Tobat adalah ......berhenti melakukan dosa  dan berjanji  tidak mengulangi lagi.

27. Cara bertobat adalah ......Mohon ampun kepada Allah,dan memberbanyak  membaca istigfar (Astagfiullahal 'azim) mohon ampun harus di setai penyesalan  yang mendalam  karena telah melakukan dosa ,Berjanji tidak akan mengulangi lagi, Memperbanyak berbuat kebaikan.

28. Nabi Zakariya a.s adalah....... Rosul Allah  yang di utus kepada kaum Bani Israil. Nama lengkap beliau adalah Zakariya bin Berkhiya. Pada masaitu ,Kaum Bani Israil mulai meninggalkan ajaran Taurat dan Zabur yang di ajarkan oleh Nabi sebelumnya .Mereka  membangkan terhadap perintah Allah  menyembh berhala dan banyak melakukan kemaksiatan.

29.Nama istri Zakariya adalah ......Isya'binti Faqudz

30. Nami Zakariya a.s mempunyai anak umur  120 tahun dan istrinya umur 100 tahun anaknya bernama .....Yahya.

0 komentar:

Posting Komentar