27 Mei

Contoh Soal Matematika 3 SD : Penggunaan Alat Ukur Dalam Pemecahan Masalah

Contoh Soal Matematika 3 SD tentang Penggunaan Alat Ukur Dalam Pemecahan Masalah : Sahabat pembelajar dimanapun Anda berada, kami ucapkan selamat belajar dan semoga Anda semua sukses dalam menggapai cita-cita kalian. Kali ini, kami akan berbagi tentang beberapa contoh soal cerita pada mata pelajaran Matematika di kelas 3 sekolah dasar yang berhubungan dengan Penggunaan Alat Ukur Dalam Pemecahan Masalah. Beberapa kumpulan contoh soal di bawah ini bisa Anda pelajari secara mandiri maupun juga bersama dengan orangtua.

Adapun beberapa Contoh Soal Matematika Kelas 3 SD tentang Penggunaan Alat Ukur Dalam Pemecahan Masalah adalah sebagai berikut.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Pak Ude seorang pedagang emas. Ia membutuhkan alat timbangan untuk menimbang emas dagangannya. Alat timbangan manakah yang ia perlukan?

2  Pada saat panen, Pak Wildan memperoleh 5 karung gabah. Gabah tersebut akan dijual kepada seorang agen.  Alat timbangan apakah yang tepat untuk menimbang 5 karung gabah tersebut?

3. Panitia 17 Agustus sedang mengadakan lomba lari 100 meter. Untuk itu mereka membutuhkan alat pencatat waktu yang tepat. Coba apa nama alat pencatat waktu pada lomba lari?

4. Ibu Santi pergi ke pasar untuk membeli daging.  Pada saat membeli, pedagang menimbang daging dengan timbangan. Berat daging ternyata sebanding dengan 2 buah batu timbangan 1 kg, 1 buah timbangam 5 ons, dan 2 buah batu timbangan 2 ons.
Contoh Soal Matematika 3 SD : Penggunaan Alat Ukur Dalam Pemecahan Masalah

a. Berapa kg lebih berapa ons daging yang dibeli ibu?
b. Timbangan jenis apa yang biasa digunakan tukang daging?

5. Wawan  ingin mengukur panjang kertas kerajinan.
 a. Alat ukur apa yang  diperlukan?
 b. Jika  panjang kertas  20 cm lebih 7 mm, berapa panjangnya jika  dibulatkan ke sentimeter terdekat?

6.  Petugas PLN sedang mengukur panjang  kabel antara dua tiang listrik. Panjang kabel menunjukkan 12 meter lebih 55 cm. Berapakah panjang kabel jika dibulatkan ke meter terdekat?

7.  Wawan ingin bangun pada jam 4 lebih 30 menit. Untuk itu Wawan menyetel alarm weker.  Coba tunjukkan dengan  gambar waktu yang ditunjuk alarm dalam jam analog!

8.  Kamu tentu pernah melihat mobil yang diderek karena mogok. Apakah derek termasuk alat ukur? Apa alasanmu?

9. Saat sekarang banyak peralatan yang dilengkapi dengan alat penunjuk waktu digital. Coba kamu sebutkan 5 macam!

10. Sebuah truk sedang ditimbang dengan jembatan timbangan. Satuan berat apakah yang biasa digunakan untuk menyatakan berat truk?

11. Jelaskanlah!
 a. Mengapa pedagang emas hanya menggunakan timbangan neraca dan bukan timbangan yang lain?
 b. Bagaimana cara menentukan berat benda dengan timbangan gantung?
 c. Bagaimana cara menentukan waktu pada jam analog?

12. Apa perbedaan jam digital dan jam analog?

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan beberapa Contoh Soal Matematika Kelas 3 SD tentang Pengguaan Alat Ukur Dalam Pemecahan Masalah, yang bersumber dari Buku Bse Depdiknas Gemar Matematika -  SD Kelas 3. Selamat belajar dan semoga sukses!!!

0 komentar:

Posting Komentar