20 Februari

Soal IPS Kelas 5 Bab 8 Semester 2 - Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan RI (1945 – 1949)

Soal IPS Kelas 5 Bab 8 - Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan RI (1945 – 1949): Nadiguru >>> Assalamualaikum,,, sahabat Nadi Guru yang berbahagia, pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas 5 sekolah dasar pada Bab 8 yakni tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan RI (1945 – 1949) yang dibagi lagi menjadi beberapa bagian, yakni : Usaha Belanda dan Inggris Merongrong Kedaulatan Indonesia, Perlawanan Rakyat di Berbagai Daerah, Perjuangan Diplomasi, dan Menghargai Jasa Para Tokoh Kemerdekaan.
 
Sri Sultan Hamengkubuwono IX saat menandatangani penyerahan kekuasaan di Jakarta.
Sri Sultan Hamengkubuwono IX saat menandatangani penyerahan kekuasaan di Jakarta


Adapun beberapa contoh Soal IP5 Kelas 5 Bab 8 tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan RI (1945 – 1949) adalah sebagai berikut:

A. Mari memilih jawaban yang paling tepat.
1. Delegasi Indonesia dalam perundingan Linggajati dipimpin oleh ….
a. Drs. Mohammad Hatta
b. Amir Syarifudin
c. Sutan Syahrir
d. Muhammad Yamin

2. Wilayah Indonesia yang diakui Belanda dalam Perundingan Linggajati adalah ….
a. Sumatra, Jawa, dan Madura
b. sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatra
c. seluruh Indonesia kecuali Irian Barat
d. seluruh wilayah Nusantara

3. Tentara Inggris mendarat di Jakarta tanggal 29 September 1945 di bawah pimpinan …
a. Letnan Jenderal Philip Cristison
b. Brigadir Jenderal Bethel
c. T.E.D. Kely
d. Jenderal Haw Torn

4. Tokoh pejuang yang membangkitkan semangat arek-arek Surabaya adalah ….
a. Bung Syahrir           c. Isdiman
b. Sungkono                d. Bung Tomo

5. Pada peristiwa Bandung Lautan Api, kota Bandung dibumihanguskan oleh ….
a. Jepang         c. pejuang Indonesia
b. Sekutu         d. pengkhianat bangsa

6. Agresi Militer Belanda I  terjadi pada tanggal ….
a. 11 Juli 1946             c. 11 Juli 1947
b. 21 Juli 1946             d. 21 Juli 1947

7. TKR berhasil mengusir pasukan Inggris dari Ambarawa di bawah pimpinan ….
a. Sungkono                c. Kolonel Soedirman
b. Urip Sumoharjo       d. Bung Tomo

8. Pahlawan yang gugur dalam peristiwa Bandung Lautan Api adalah ….
a. Ahmad Tahir
b. Mohammad Toha
c. Suryadarma
d. Arudji Kartawinata

9. Hasil KMB mempunyai arti penting bagi bangsa Indonesia, yaitu ….
a. Indonesia bagian dari RIS
b. Irian Barat dibicarakan setahun lagi
c. Belanda mengakui kedaulatan Indonesia
d. dibentuk Uni Indonesia – Belanda

10. Pada saat Belanda melancarkan Agresi Militer II, Presiden Soekarno ditangkap dan diasingkan ke …
a. Bangka
b. Digul
c. Padang
d. Bandar Lampung

11. Pengakuan kedaulatan Republik Indonesia oleh Belanda dilaksanakan tanggal ….
a. 23 September 1949
b. 23 Oktober 1949
c. 23 November 1949
d. 23 Desember 1949

12. Untuk mengawasi pelaksanaan gencatan senjata antara Indonesia dengan Belanda, PBB membentuk ….
a. KTN                        c. UNSF
b. UNCI                      d. UNTEA

13. Pemicu terjadinya pertempuran di Surabaya tanggal 10 November 1945 adalah  ….
a. tewasnya A.W.S. Mallaby
b. Belanda menyerbu penjara Kalisosok
c. ultimatum penyerahan senjata
d. pemberlakuan jam malam

14. Wakil Indonesia yang menerima penyerahan kedaulatan dari Belanda di Jakarta adalah ….
a. Agus Salim
b. Muhammad Yamin
c. Hamengkubuwono IX
d. Mohammad Hatta

15. Tugas UNCI di Indonesia adalah …
a. menerima senjata dari Jepang
b. mengawasi perundingan Indonesia–Belanda
c. membantu mempertahankan kemerdekaan RI
d. menerima mandat kekuasaan RI dari Belanda

B. Mari menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Mengapa hasil dari KMB sangat menggembirakan bangsa Indonesia?
2. Jelaskan penyebab terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api!
3. Tuliskan hasil Perjanjian Linggajati!
4. Tunjukkan akibat Persetujuan Renville bagi bangsa Indonesia!
5. Mengapa kedatangan Sekutu selalu memunculkan perlawanan rakyat?

Demikianlah informasi yang bisa Nadiguru sampaikan berkaitan dengan contoh Soal IPS Kelas 5 Bab 8 tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan RI (1945 – 1949), yang bersumber dari Bse Departemen Pendidikan Nasional Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V. Semoga bermanfaat!!!

0 komentar:

Posting Komentar