KISI-KISI SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Tahun 2013/2014
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VII (Tujuh)
Kurikulum Acuan : KTSP
Waktu : 120 menit
Aspek : Membaca dan Menulis
No. | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Bahan/Kelas Semester | Materi | Indikator | No. Soal |
1 | Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai | Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif | VII/2 | Keistimewaan tokoh | Disajikan satu paragraf biografi (5-6 kalimat), siswa dapat: · menentukan jawaban dari pertanyaan biografi tersebut · menentukan keistimewaan tokoh pada biografi tersebut. | 1 2 |
Hal yang patut diteladani dari tokoh | Disajikan satu paragraf biografi (5-6 kalimat), siswa dapat: · menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi biografi tersebut. · menentukan hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut | 3 4 | ||||
Simpulan dan komentar tentang tokoh | Disajikan satu paragraf biografi (5-6 kalimat), siswa dapat: · menentukan simpulan tentang tokohnya. · menentukan komentar tentang tokohnya | 5 6 | ||||
Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca | VII/2 | Kalimat utama paragraf | Disajikan sebuah paragraf (5-6 kalimat), siswa dapat: · menentukan pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut. · menentukan kalimat utama paragraf tersebut. | 7 8 | ||
Gagasan utama paragraf | Disajikan sebuah paragraf (5-6 kalimat), siswa dapat: · menentukan topik paragraf tersebut. · menentukan gagasan utama paragraf tersebut. | 9 10 | ||||
Simpulan bacaan | Disajikan sebuah paragraf (4-5 kalimat), siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut. | 11 | ||||
Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca | VII/2 | Pertanyaan isi tabel | Disajikan sebuah tabel, siswa dapat: · menentukan pertanyaan sesuai isi tabel · menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu bagian (kolom/lajur) dari tabel tersebut. · menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi tabel | 12 13 14 | ||
Pertanyaan isi diagram | Disajikan sebuah diagram, siswa dapat: · menentukan jawaban dari pertanyaan isi diagram · menentukan penjelasan sesuai isi diagram · menentukan masalah pada diagram tersebut. | 15 16 17 | ||||
2 | Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat | Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung | VII/2 | Pertanyaan wawancara | Disajikan ilustrasi kegiatan, siswa dapat menentukan pertanyaan untuk wawancara | 18 |
Disajikan kalimat pertanyaan wawancara yang tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya. | 19 | |||||
Disajikan kutipan wawancara (2/3 percakapan) yang dirumpangkan bagian pertanyaannya, siswa dapat melengkapinya | 20 | |||||
Narasi hasil wawancara | Disajikan sebuah pertanyaan wawancara, siswa dapat menentukan jawaban dari pertanyaan tersebut | 21 | ||||
Disajikan kalimat langsung dari jawaban wawancara, siswa dapat mengubahnya menjadi kalimat tidak langsung. | 22 | |||||
Disajikan kutipan wawancara yang beberapa jawaban dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya | 23 | |||||
Disajikan kutipan wawancara (3-5 percakapan), siswa dapat menentukan laporan/narasi dari kutipan wawancara tersebut. | 24 | |||||
Disajikan laporan/narasi dari wawancara yang tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya. | 25 | |||||
Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun | VII/2 | Pesan singkat | Disajikan pesan singkat yang dirumpang, siswa dapat melengkapinya | 26 | ||
Disajikan pesan singkat yang tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya. | 27 | |||||
Disajikan pesan singkat yang tidak santun, siswa dapat memperbaikinya menjadi santun. | 28 | |||||
Disajikan kalimat-kalimat pesan singkat yang diacak, siswa dapat menyusunnya dengan benar. | 29 | |||||
Disajikan ilustrasi kegiatan, siswa dapat menentukan pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut. | 30 | |||||
3 | Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak | Membaca indah puisi dengan mengguna irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi | VII/2 | Pembacaan puisi | Disajikan puisi pendek, siswa dapat: · menentukan maksud salah satu larik puisi tersebut. · menentukan larik/bagian puisi yang dibaca dengan intonasi cepat/lambat. · menentukan larik/bagian puisi yang dibaca meninggi/menurun · menentukan deskripsi gerakan tangan ketika membaca larik tertentu pada puisi | 31 32 33 34 |
Disajikan satu larik puisi, siswa dapat menentukan penjedaannya | 35 | |||||
Disajikan deskripsi mimik pada pembacaan puisi, siswa dapat menentukan larik puisi yang sesuai dengan deskripsi tersebut | 36 | |||||
Menemukan realita kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan | VII/2 | Realita kehidupan anak pada cerita anak | Disajikan kutipan cerita anak asli Indonesia, siswa dapat: · menentukan tokoh-tokoh dalam cerita tersebut · menentukan latar tempat yang terdapat dalam cerita tersebut · menentukan masalah yang terdapat pada cerita tersebut | 37 38 39 | ||
Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat: · menentukan realita kehidupan anak pada cerita tersebut. · menentukan amanat dari cerita tersebut | 40 41 | |||||
Disajikan kutipan cerita anak terjemahan, siswa dapat: · menentukan latar waktu yang terdapat pada cerita tersebut · menentukan realita kehidupan anak yang tidak terdapat pada kehidupan anak Indonesia | 42 43 | |||||
4 | Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi | Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam | VII/2 | Puisi tentang keindahan alam | Disajikan kutipan puisi pendek tentang keindahan alam yang beberapa katanya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan kata yang tepat | 44 |
Disajikan kutipan puisi pendek tentang keindahan alam yang salah satu lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan benar. | 45 | |||||
Disajikan ilustrasi kegiatan wisata, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut. | 46 | |||||
Disajikan gambar keindahan alam, siswa dapat menentukan puisi sesuai gambar tersebut | 47 | |||||
Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami | VII/2 | Puisi tentang suatu peristiwa yang dialami | Disajikan kutipan berita tentang peristiwa, siswa dapat menentukan puisi sesuai dengan isi berita tersebut | 48 | ||
Disajikan larik-larik puisi tentang peristiwa yang belum urut, siswa dapat menyusunnya menjadi puisi yang baik | 49 | |||||
Disajikan gambar peristiwa, siswa dapat menentukan puisi sesuai dengan gambar tersebut. | 50 |
0 komentar:
Posting Komentar