PAKET III
SOAL PENGAYAAN UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN 2013/2014
1. Indikator UN : Mengidentifikasi isi dan bagian suatu paragraf
Soal :
Bacalah paragraf berikut!
Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung Puting ditargetkan 15 ribu orang per tahun mulai 2015. Target ini diharapkan terpenuhi melalui kerja sama menyeluruh pengampu kepentingan. Tujuan ini bisa tercapai jika masing-masing mau bekerja sama. Namun peningkatan kunjungan wisatawan tidak boleh mengganggu tujuan utama daerah konservasi. Wisatawan selama ini didominasi pelancong manca negara.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A. target jumlah wisatawan
B. jumlah kunjungan wisatawan
C. peningkatan kunjungan wisatawan
D. dominanpelancong manca negara
Kunci : A
Pembahasan :
Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasa terdapat pada awal atau akhir paragraf. Kalimat utama tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata kunci: Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung Puting ditargetkan 15 ribu orang per tahun mulai 2015. (jumlah kunjungan wisatawan). Target ini …. (kalimat kedua)
1. Indikator UN: Menentukan persamaan isi berita
Indikator Soal: Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan isi berita tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan teks berita berikut!
Teks Berita I | Teks Berita II |
Tingkat pencemaran udara di kota Bekasi sudah masuk dalam tahap mengkhawatirkan. Diperkirakan pencemaran udara itu akan semakin parah karena jumlah kendaraan terus bertambah. Saat ini Badan Pengendali lingkungan hidup (BPLH) kota Bekasi sedang memeriksa tingkat pencemaran. Beberapa di antaranya berada di Jalan Raya Ahmad, Jalan Cut Mutiah, dan Jalan Siliwangi. | Sejumlah warga Desa Krebet Sengrong, Bulu Lawang, Malang mengeluhkan pencemaran udara akibat sisa pembakaran pabrik gula di wilayah itu. Pencemaran udara itu sampai tingkat yang mengkhawatirkan. Akibat pencemaran udara tersebut, sejumlah warga terpaksa menggunakan masker pada pagi hari. Selain udara di pagi hari, air warga juga kadang tercemar. Hal itu terjadi setiap kali musim giling tebu yang dilakukan pabrik gula. |
Persamaan isi kedua kutipan teks berita tersebut adalah ….
A. proses pencemaran udara
B. tempat pencemaran udara
C. tingkat pencemaran udara
D. penyebab pencemaran udara
Kunci : C
Pembahasan :
Informasi adalah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita, kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut.
Kata-kata yang dirujuk:
Teks I: Tingkat pencemaran udara di kota Bekasi sudah masuk dalam tahap mengkhawatirkan.
Teks II: Pencemaran udara itu sampai tingkat yang mengkhawatirkan.
2. Indikator UN: Menentukan perbedaan penyajian berita
Indikator Soal: Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian berita tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan teks berita berikut!
Teks Berita I | Teks Berita II |
Tiga pekerja pembangkit listrik Fuku Shima Daiichi, Jepang resah. Sistem pendinginnya tercemar radiasi dosis tinggi. Mereka menjadi korban saat berusaha memulihkan daya listrik reaktor nomor tiga. Dua dari mereka harus dirawat di dua rumah sakit. Demikian informasi dari Badan Keselamatan Nuklir Jepang, Kamis (24/3) | Air kran di pipa air ibu kota Jepang itu terdeteksi mengandung radioaktif. Bahan kadarnya melebihi batas aman bagi bayi. Pemerintah Tokyo menegaskan bayi tidak diperkenankan minum dari air kran. Sebagaimana warta AFP pada Rabu (23/3), pemerintah menyarankan untuk menghindari penggunaan air kran dalam membuat minuman bagi bayi. |
Perbedaan penyajian kedua kutipan teks berita tersebut adalah …
| Teks Berita I | Teks Berita II |
A. | diawali dengan unsur berita bagaimana | diawali dengan unsur berita mengapa |
B. | diawali dengan unsur berita siapa | diawali dengan unsur berita bagaimana |
C. | diawali dengan unsur berita siapa | diawali dengan unsur berita apa |
D. | diawali dengan unsur berita di mana | diawali dengan unsur berita kapan |
Kunci : C
Pembahasan :
Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W + 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when(kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Ada juga dalam bahasa Indonesia dikenal singkatan ASDAMBA (A=apa, S=siapa, D=di mana, A=apabila/kapan, M=mengapa, dan Ba=bagaimana). Selain itu, terdapat istilah ADIKSIMBA (A=apa, Di=di mana, K=kapan, Si=siapa, M=mengapa, Ba=bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan berita harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya, seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.
Teks berita I: Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu? Tiga pekerja pembangkit listrik Fuku Shima Daiichi, Jepang resah.
Teks berita II: Peristiwa apa? Air kran di pipa air ibu kota Jepang itu terdeteksi mengandung radioaktif.
3. Indikator UN: Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal: Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan keistimewaan tokoh tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!
Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada 2 Mei 1882. Beliau terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Saat genap berusia 40 tahun ia berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Perjalanan hidupnya diwarnai perjuangan dan pengabdian demi kepentingan bangsanya. Selain ulet di bidang wartawan, ia juga aktif pada organisasi sosial dan politik. Pada 25 Desember 1912 bersama Douwes Dekker, ia mendirikan Indiche Partij dan mendaftarkannya kepada pemerintah kolonial Belanda untuk memperoleh status badan hukum. Pendirian organisasi tersebut dihalang-halangi oleh pemerintah Belanda. |
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi kutipan biografi tersebut adalah ...
A. Ki Hajar Dewantara mendirikan Indische Party.
B. Ki Hajar Dewantara terlahir dari keturunan raden mas.
C. Ki Hajar Dewantara seorang wartawan dan tokoh politik.
D. Ki Hajar Dewantara pada usia 40 tahun mengganti namanya.
Kunci : C
Pembahasan : Keistimewaan seorang tokoh dapat dilihat dari tidak semua orang dapat memilikinya. Dalam hal ini, Ki Hajar Dewantara menjadi wartawan dan tokoh politik.
4. Indikator UN:Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal: Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan hal yang dapat diteladani pada tokoh tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan biografi berikut!
Seto Mulyadi atau biasa dikenal sebagai Kak Seto lahir di Klaten, 28 Agustus 1951. Kak Seto adalah psikolog anak dan pembawa acara televisi untuk anak-anak bersama dengan Henny Purwonegoro. Ia juga menjabat ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak. Berawal dari kematian adiknya saat berumur tiga tahun akibat penyakit campak membuat Seto mulai menekuni dunia anak. Berbagai pengalaman pernah dirasakan yaitu menjadi pengaduk semen, tukang batu, dan tukang parkir pada saat mulai di Jakarta. |
Hal yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah ….
A. penyayang terhadap sesama
B. bekerja keras dalam kehidupannya
C. siap prihatin dalam membawakan acara
D. menjadi ketua Komite Perlindungan An
Kunci : B
Pembahasan : Di antara empat pilihan, hanya pilihan (B) yang merupakan sifat teladan dan patut dicontoh.
0 komentar:
Posting Komentar