Nomor 26.
· Kompetensi yang di uji : Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
· Indikator soal : Disajikan gambar ciri-ciri mahluk hidup, peserta didik dapat menentukan ciri yang benar
· Soal
Perhatikan gambar berikut!
A. berkembangbiak
B. memerlukan makanan
C. tumbuh dan berkembang
D. peka terhadap rangsang
· Kunci Jawaban : C
Pembahasan
Gambar urutan metamorfosis pada katak dari telur sampai dewasa merupakan ciri mahluk hidup yaitu tumbuh dan berkembang
Nomor 27
· Kompetensi yang di uji : Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup
· Indikator soal : Disajikan beberapa gambar hewan peserta didik dapat mengidentifikasi kelompok hewan tertentu
· Soal :
Perhatikan gambar berikut1
| ||||||||
| ||||||||
| ||||||||
| ||||||||
Kelompok hewan yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 1
· Kunci Jawaban : B
Pembahasan : hewan yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah belalang dengan kupu-kupu, keduanya tergolong dalam kelompok serangga.
Nomor 28
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
· Indikator soal : Disajikan bagan rantai makanan/jaring makanan peserta didik dapat menetukan akibat yang terjadi bila salah satu komponen mengalami kepunahan
· Soal :
Perhatikan jaring-jaring makanan pada ekosistem sawah berikut!
Kemungkinan yang akan terjadi jika populasi tikus menurun karena diburu oleh para petani adalah... .
A. populasi padi meningkat, populasi ular menurun
B. populasi padi menurun, populasi elang meningkat
C. populasi padi meningkat, populasi ulat menurun
D. populasi elang meningkat, populasi ular menurun
· Kunci Jawaban : A
Pembahasan : Dalam jarring-jaring makanan tersebut jika tikus di populasinya menurun maka mengakibatkan gangguan dan ketidakseimbangan dalam ekosistem, dimana tanaman padi akan meningkat populasinya, sementara ular yang makananya tergantung pada tikus maka populasinya akan menurun bahkan musnah.
Nomor 29
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
· Indikator soal : peserta didik dapat menentukan interaksi antar makhluk hidup (simbiosis)
· Soal :
Contoh yang menunjukkan pola interaksi antara dua mahluk hidup yang saling menguntungkan adalah ….
A. ikan remora dengan ikan hiu
B. bunga rafflesia dengan tanaman inang
C. lebah madu dengan bunga mangga
D. burung jalak dengan kerbau
· Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Ikan remora dengan ikan hui merupakan simbiosis komensalisme dimana ikan remora dapat makanan dari sisa-sisa ikan hiu, sementara ikan hiu tidak rugi
Bunga rafflesia dengan tumbuhan inang adalah simbiosis komensalisme
Lebah dengan bunga simbiosis mutualisme
Burung jalak dengan kerbau simbiosis komensalisme
Nomor 30
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
· Indikator soal : Peserta didik dapat menjelaskan usaha manusia untuk mengurangi pencemaran
· Soal :
Usaha yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah perkotaan untuk mengurangi tingkat pencemaran udara adalah...
A. membatasi penggunaan kendaraan bermotor
B. menutup pabrik yang tidak bercerobong asap
C. menanam pohon dipinggir jalan jalur hjau
D. membuat undang-undang anti pencemaran
· Kunci Jawaban : C
Pembahasan : di daerah perkotaan yang tingkat pencemaran udaranya tinggi akibat asap kendaraan bermotor perlu dilakukan usaha untuk mengatasinya, salah satu usaha yang tepat dengan menanam pohon jalur hijau dan membuat taman sebagai paru-paru kota .
Nomor 31
· Kompetensi yang di uji : Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup
· Indikator soal : Disajikan gambar tumbuhan langka, peserta didik dapat menentukan usaha untuk melestarikannya
· Soal :
Perhatikan gambar berikut
Usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan jenis tanaman tersebut adalah ….
A. membangun suaka margasatwa
B. membuatikebun raya
C. menyilangkan jenis tanaman tersebut
D. menanfaatkan untuk hiasan
· Kunci Jawaban : B.
Pembahasan :
Tanaman Rafflesia Arnoldi merupakan tanaman langka, diperlukan usaha untk melestarikannya agar keberadaannya tidak punah maka perlu di lestarikan dengan mendirikan tempat khusus seperti kebun raya
Nomor 32
· Kompetensi yang di uji : Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan
· Indikator soal : Peserta didik dapat menjelaskan dampak dari kepadatan pnduduk terhadap sumberdaya lingkungan
· Soal :
Pertumbuhan penduduk yang semakin tak terkendali memiliki dampak terhadap sumber daya alam, yaitu....
A. meningkatnya kriminalitas
B. munculnya kasus kelaparan
C. menipisnya sumber air bersih
D. sempitnya lapangan kerja
· Kunci Jawaban : C
Pembahasan : dampak pertumbuhan penduduk yang tak terkendali di suatu daerah akan mengakibatkan berbagai masalah seperti : kebutuhan air bersih, masalah lahan tempat tinggal, kebutuhan udara bersih dan sebagainya.
Nomor 33
· Kompetensi yang di uji : Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya
· Indikator soal : disajikan gambar peserta didik dapat menentukan sendi dari gambar yang disajikan
· Soal :
Perhatikan gambar sendi berikut!
Nama sendi yang di tunjuk oleh tanda K adalah ….
A. sendi engsel
B. sendi peluru
C. sendi pelana
D. sendi putar
· Kunci Jawaban : A
· Pembahasan :
Sendi yang di tunjuk adalah sendi engsel, terletak pada siku dan lutut. Sendi yang lain adalah sendi peluru terdapat pada pangkal paha dan pangkal lengan, sendi putar terletak pada tulang atlas yaitu persendian antara leher dan tengkorak kepala.
Nomor 34
· Kompetensi yang di uji : Menentukan jenis tulang/ sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya
Indikator soal : disajikan tabel ciri-ciri otot, peserta didik dapat menentukan perbedaan otot pada manusia
· Soal :
Perhatikan ciri-ciri otot, berikut!
No | Otot rangka | Otot polos | Otot jantung |
1 | Bentuk silinder | Bentuk gelendong | Bentuk silinder bercabang |
2 | Berinti satu | Berinti banyak | Berinti banyak |
3 | Warna bening | Warna bening | Warna lurik-lurik |
4 | Bekerja diatur otak | Bekerja tidak diatur otak | Bekerja secara otonom |
Pada tabel di atas, yang menunjukkan perbedaan antara otot rangka, polos, dan jantung adalah nomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 1
· Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
No | Otot rangka | Otot polos | Otot jantung |
bentuk | Bentuk silinder | Bentuk gelendong | Bentuk silinder bercabang |
Jimlah inti | Berinti banyak | Berinti 1 | Berinti banyak |
Warna | Warna lurik-lurik | Warna bening | Warna lurik-lurik |
Cara kerja | Bekerja diatur otak | Bekerja tidak diatur otak | Bekerja secara otonom |
Terdapat /tempat | Menempel pada rangka, maka disebut juga daging | Terdapat pada saluran pencernaan, pembuluh darah, saluran ekskresi | Terdapat hanya pada jantung |
Nomor 35
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan
· Indikator soal : Disajikan gambar alat pencernaan makanan, peserta didik dapat menentukan organ penghasil enzim tertentu.
· Soal :
Perhatikan gambar berikut
Enzim yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton dihasilkan oleh organ yang ditunjukkan nomor : ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
· Kunci Jawaban : D
· Pembahasan :
Dalam lambung dihasilkan 3 macam enzim yaitu pepsin berperan mengubah protein menjadi pepton, enzin rennin mengubah/mengendapkan casein susu dan asam klorida (HCl) berperan mengasamkan makanan dan membunuh kuman yang masuk bersama makanan. Enzim lain yang berperan mengubah protein adalah tripsin yang di hasilkan oleh pancreas, berfungsi mengubah pepton/protein menjadi asam amino
Nomor 36
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
· Indikator soal : Peserta didik dapat menentukan zat yang berpengaruh pada proses pembekuan darah
· Soal :
Seseorang yang kekurangan vitamin K akan mengalami kesulitan dalam proses pembekuan darahnya, sebab….
A. trombosit tidak dapat membentuk enzim trombokinase
B. trombosit tidak dapat mengubah trombokinase
C. fibrinogen tidak dapat membentuk fibrin
D. protrombin tidak dapat membentuk trombin
· Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Pada proses pembekuan darah dibutuhkan mineral kalsium dan vitamin K, keduanya berfungsi membantu pengubahan fibrinogen menjadi benang-benang fibrin sehingga dapat menutup luka dan darah tidak keluar dari tubuh
Nomor 37
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal)
· Indikator soal : Disajikan gambar nefron peserta didik dapat menentukan bagian organ yang memiliki fungsi tertentu.
· Soal :
Perhatikan gambar berikut
Bagian ginjal yang berfungsi untuk filtrasi darah di tunjukkan oleh nomor ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 1
· Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Bagian ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah adalah simpai Bowmann dan Glomerolus yang terdapat pada korteks ginjal. Pada gambar nomor 1). Glomerolus, 2). Sipmai Bowmann, 3).anteri ginjal dan 4) adalah tubulus halus
Nomor 38
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan sistem saraf pada manusia
· Indikator soal : Disajikan data, peserta didik dapat menentukan urutan gerak refleks
· Soal :
Perhatikan nama-nama organ berikut!
1. otot
2. sumsum tulang belakang
3. saraf motorik
4. pusat saraf
5. alat indera
6. saraf sensorik
Urutan gerak refleks adalah … .
A. 6 à5 à1 à3 à2
B. 6à 4 à 2 à1 à3
C. 5 à 3 à4 à6 à1
D. 5 à6 à2 à3 à1
· Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Gerak refleks adalah gerak yang tidak disadari oleh otak, sedangkan gerak sadar/normal adalah gerak yang disadari oleh otak
Urutan gerak reflex : rangsang diterima oleh alat indra diteruskan ke saraf sensorik kemudian ke konektor (sumsum tulang belakang) terus ke saraf motorik terus ke otot
Rangsang → indra → saraf sensorik → konektor (sumsum tulang belakang) → saraf motorik → otot
Urutan gerak normal/gerak sadar
Rangsang → indra → saraf sensorik → konektor →otak → saraf motorik → otot
Nomor 39
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan
· Indikator soal : disajikan gambar penampang melintang batang, peserta didik dapat menentukan bagian jaringan dengan fungsi tertentu
· Soal :
Perhatikan gambar penampang melintang batang dikotil berikut!
Fungsi bagian yang bertanda X adalah mengangkut ….
- air dari tanah ke seluruh tubuh tumbuhan
- hasil fotosintesis dari seluruh tubuh tumbuhan
- oksigen dari batang ke seluruh tubuh tumbuhan
- karbondioksida ke seluruh organ daun
· Kunci Jawaban : B
· Pembahasan :
Jaringan yang di tunjuk adalah pembuluh tapis atau floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Jaringan lain adalah pembuluh tapis merfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari dalam tanah ke daun.
Nomor 40
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
· Indikator soal : disajikan tabel, peserta didik dapat nenentukan hubungan antara jenis rangsang tumbuhan dan arah gerak
· Soal :
Perhatikan tabel berikut!
No | Bagian tanaman | Jenis rangsangan | Arah gerak |
1 | Ujung tanaman | Cahaya matahari | Menghindari matahari |
2 | Ujung akar | Gaya tarik bumi | Ke arah pusat bumi |
3 | Sulur tanaman | Sentuhan | Membelit pada dahan |
4 | Daun putri malu | Sentuhan | Daun akan menutup |
Dari tabel di atas, bagian tanaman yang sesuai dengan jenis rangsang dan arah geraknya adalah . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
· Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Gerak yang benar pada tabel adalah gerak ujng akar menuju kea rah pusat bumi disebut gerak geotropism, dan gerak daun putrid malu yang disentuh akan menutup disebut gerak tigmonasti/seismonanti
Nomor 41
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
· Indikator soal : disajikan gambar tumbuhan, peserta didik dapat menentukan contoh gerak yang dipengaruhi datangnya rangsang
· Soal :
Perhatikan gambar berikut!
Peristiwa yang ditunjukkan oleh perubahan dari gambar 1 ke 2 adalah ….
A. menutupnya daun putri malu karena layu
B. menutupnya daun putri malu akibat iritabilitas
C. akibat kekurangan air dari dalam tanah
D. karena suhu lingkungan lembab
· Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Gerak yang benar pada tabel adalah gerak ujng akar menuju kea rah pusat bumi disebut gerak geotropism, dan gerak daun putrid malu yang disentuh akan menutup disebut gerak tigmonasti/seismonanti
Nomor 42
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaan percobaan tentang proses tersebut
· Indikator soal : Disajikan gambar percobaan fotosintesis, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan tersebut
· Soal :
Perhatikan gambar proses fotosintesis berikut!
Gambar percobaan di atas menunjukkan bukti bahwa fotosintesis ....
A. menghasilkan amilum
B. menghasilkan oksigen
C. memerlukan oksigen dan air
D. memerlukan air dan amilum
· Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
|
Dalam proses fotosintesis selain dihasilkan zat makanan berupa glukosa/amilum maka dihasilkan oksigen.
Rekasi kimia fotosintesis :
Nomor 43
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya
· Indikator soal : Peserta didik dapat menjelaskan tingkah laku mahluk hidup dalam menghadapi bahaya
· Soal :
Dalam keadaan bahaya, cecak akan mengelabui musuhnya dengan cara ….
A. mengubah warna tubuhnya
B. memutuskan ekornya
C. mengeluarkan cairan
D. mengeluarkan bau
· Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Dalam kondisi berbahaya maka cecak mengorbankan ekornya untuk diputuskan, peristiwa ini merupakan cara adaptasi tingkah laku yang disebut ototomi, sementara hewan lain seperti bunglon dengan cara mengubah warna tubuhnya., cumi-cumi dengan cara menyemprotkan tinta hitan.
Nomor 44
· Kompetensi yang di uji : Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
· Indikator soal : Disajikan contoh pesilangan dihibrida, peserta didik dapat menentukan jumlah/perbandingan fenotip pada F-2
· Soal :
Tanaman mangga berbuah besar dan berasa asam ( BBmm ) disilangkan dengan mangga yang berbuah kecil dan berasa manis (bbMM) menghasilkan F1 (BbMm) dengan fenotip buah besar rasa manis . Jika F1 disilangkan sesamanya, perbandingnan buah mangga yang besar dan berrasa manis adalah ...
A. 1/ 16
B. 2/ 16
C. 3/ 16
D. 9/ 16
· Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
P1. : Besar, asam x Kecil, manis
(BBmm) (bbMM)
Gamet: Bm bM
F1 : BbMm
Besar,Manis
100%
P2 : Besar Manis x Besar Manis
(BbMm) (BbMm)
Gamet : BM BM
Bm Bm
bM bM
bm bm
F2 : Keturunan kedua adalah :
| BM | Bm | bM | bm |
BM | BBMM | BBMm | BbMM | BbMm |
Bm | BBMm | BBmm | BbMm | Bbmm |
bM | BbMM | BbMm | bbMM | bbMm |
bm | BbMm | Bbmm | bbMm | bbmm |
Perbandingan fenotip dan Genotip pada F2 adalah sbb :
Perbandingan Genotip :
BBMM : BBMm : BbMM : BbMm : BBmm : Bbmm : bbMM : bb Mm : bbmm.
1 : 2 : 2 : 4 : 1 : 2 : 1 : 2 : 1
Perbandingan Fenotip :
Besar Manis : 9
Besar Asam : 3
Kecil Manis : 3
Kecil Asam : 1
Nomor 45
· Kompetensi yang di uji : Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
· Indikator soal : disajikan hasil persilangan monohibrida, peserta didik dapat menentukan rasio genotip induknya
· Soal :
Tumbuhan Mirabilis jalapaberbunga merah (MM) disilangkan dengan yang berbunga putih (mm). Keturunan pertamanya (F1) menghasilkan tumbuhan dengan perbandingan fenotip merah : putih = 1 : 1, maka genotip induknya adalah ….
A. MM
B. mm
C. Mm
D. mM
· Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
P1. : merah x putih
(Mm) (mm)
Gamet: M m
m m
F1. Keturunan kedua adalah
| m | m |
M | Mm | Mm |
m | mm | mm |
Perbandingan Genotif :
Mm : mm
2 2
Nomor 46
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya
· Indikator soal : peserta didik dapat menentukan salah satu cara teknologi rreproduksi inseminasi buatan
· Soal :
Untuk mendapatkan keturunan sapi yang unggul, seorang dokter hewan memasukkan spermatozoid sapi unggul ke dalam rahim sapi betina. Proses yang dilakukan oleh dokter tersebut disebut....
A. kloning
B. bayi tabung
C. inseminasi buatan
D. transplantasi inti
· Kunci Jawaban : C
· Pembahasan : salah satu teknologi reproduksi untuk mendapatkan bibit unggul dan keturunan yang baik adalah dengan cara kawin suntik/inseminasi buatan, misalnya pada sapi. Selain itu bisa juga di lakukan dengan cara kloning
Nomor 47
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia
· Indikator soal : peserta didik dapat menentukan mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam pembuatan salah satu jenis makanan
· Soal :
Bakteri yang yang membantu perubahan singkong menjadi tape adalah ....
A. Rizhopus, sp
B. Lactobacillus ,sp
C. Acetobacter xylinum
D. Saccharomyces cereviceae
· Kunci Jawaban : D
· Pembahasan :
Bioteknologi konvensional sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, salah satunya adalah pembuatan tape dengan batuan ragi (Saccaromyces cereviceae),pembuatan tempe dengan bantuan jamur Rizhopus sp, untuk membuat yogurt dibantu oleh Lactobacillus ,sp. Sementara untuk membuat nata di coco dengan bantuan Acetobacter xylinum
Nomor 48
· Kompetensi yang di uji : Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan
· Indikator soal : peserta didik dapat menentukan zat aditif makanan untuk
tujuan tertentu
· Soal :
Bahan makanan berikut yang termasuk jenis penyedap rasa adalah …
A. Aspartam, sakarin, MSG
B. isoamil asetat, etil butirat, MSG
C. metil anthranilat, vesin, aspartame
D. natirum benzoate, MSG, karamel
· Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Zat aditif alami untuk makanan
Pewarna : Antosianian : memberikan warna oranye, merah dan biru.
Contoh : anggur, strobery, rasberi, bunga
Karotinoid : memberikan warna kuning, oranye dan merah
Contoh : wortel, tomat, cabai, daun jati, daun jambu biji
Klorofil memberikan warna hijau contoh : daun suji, katuk, dan pandan
Kurkumin : memberikan warna kuning. Contoh kunyit
Pengawet : pengawet makanan alamin digunakan bahan dengan dosisi tinggi seperti pengasinan, pemanisan, pengasapan, pangasaman, dsb.
Contoh pengawet buatan : asam benzoate, asam asetat, asam propionate, asam sorbet
Pemanis : aspartame, siklamat dan sakarin
Penyedap alami : bawang merah, bawang putih, pandan wangi,
Penyedap buatan : monosodium glutamate (MSG) / vitsin, isoamil asetat, etil butirat
Nomor 49
· Kompetensi yang di uji : Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organism disertai dengan contohnya
· Indikator soal : peserta didik dapat menentukan contoh rekayasa reproduksi untuk meningkatkan kualitas mahluk hidup
· Soal :
Rekayasa reproduksi yang dilakukan manusia untuk mengubah urutan informasi genetik di dalam kromosom organisme adalah ….
A. transgenik
B. kultur jaringan
C. inseminasi buatan
D. bayi tabung
· Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Kultur jaringan atau in vitro atau mikropropagasi adalah cara menanam dan memelihara sel atau jaringan dari tumbuhan atau hewan yang di sebut eksplan secara aseptik (suci hama ) pada suatu medium yang cocok dan dalam keadaan steril
Inseminasi buatan, adalah proses memasukkan spermatozoid hewan jantan ke dalam tubuh hewan betina yang dilakukan dengan bantuan alat tertentu (“alat suntik”). Oleh karena itu, inseminasi buatan sering disebut dengan kawin suntik. Rekayasa reproduksi inseminasi buatan sering dilakukan pada hewan ternak seperti sapi dan lembu.
Bayi tabung dilakukan dengan cara mencampurkan spermatozoa dan sel telur di luar tubuh (invitro) sehingga terjadi pembuahan. Sel telur yang telah mengalami pembuahan, akan berkembang sampai pada fase tertentu, selanjutnya di transplantasikan (dicangkokkan) ke dalam rahim induknya atau induk pengganti, manakala induk aslinya tidak sanggup mengandung anaknya.
Kloning berarti “menciptakan” suatu kelompok makhluk hidup yang memiliki materi genetik persis sama dengan makhluk hidup lainnya, misalnya ketela pohon dan tebu.
Rekayasa genetika adalah mengubah faktor keturunan (gen) untuk mendapatkan sifat baru. Pengubahan gen dapat dilakukan melalui transfer inti, fusi sel, dan rekombinasi DNA.
Rekombinasi DNA, Rekombinasi DNA adalah pemutusan dan penyambungan DNA. DNA mengandung gen yang mengendalikan sifat individu
Organisme transgenik adalah organisme yang telah diubah urutan informasi genetik di dalam kromosomnya. Susunan materi genetik, diubah dengan jalan menyisipkan gen baru yang unggul ke dalam kromosomnya
Nomor 50
· Kompetensi yang di uji : Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita
· Indikator soal : disajikan data ciri-ciri pengaruh zat adiktif bagi kesehatan, peserta didik dapat menentukan ciri yang di timbulkan oleh zat adiktif tertentu.
· Soal :
Ciri-ciri korban ketergantungan narkotika:
1) merasa rileks
2) pupil mata menyempit
3) tekanan darah menurun
4) denyut urat nadi melambat
5) menimbulkan rasa gembira berlebihan
Diantara ciri-ciri di atas, yang merupakan ciri pengguna heroin adalah ....
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 3, 4, dan 5
D. 4, 5, dan 1
· Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Opium merupakan narkotika dari golongan opioida, dikenal juga dengan sebutan candu, morfin, heroin, dan putau. Opium diambil dari getah buah mentah Pavaper sommiverum
Heroin merupakan senyawa turunan (hasil sintesis) dari morfin yang dikenal dengan sebutan putau atau kodein. Penggunaannya yang menyalahi aturan dapat menimbulkan rasa sering mengantuk, perasaan gembira berlebihan, banyak berbicara sendiri, kecenderungan untuk melakukan kerusuhan, merasakan nafas berat dan lemah, ukuran pupil mata mengecil, mual, susah buang air besar, dan sulit berpikir.
Jika pemakaian obat ini diputus, akan timbul hal-hal berikut: sering menguap, kepala terasa berat, mata basah, hidung berair, hilang nafsu makan, lekas lelah, badan menggigil, dan kejang-kejang. Jika pemakaiannya melebihi dosis atau overdosis, akan menimbulkan hal-hal berikut: tertawa tidak wajar, kulit lembap, napas pendek tersenggal-senggal, dan dapat mengakibatkan kematian.
Efek yang dapat ditimbulkan karena pemakaian narkotika antara lain sebagai berikut.
2.Sedatif atau menghilangkan rasa nyeri.
3.Analgesik atau membius.
4.Depresan atau menenangkan.
5.Stimulan atau merangsang.
6.Euphoria atau menyenangkan.
7.Halusinogen atau menimbulkan khayalan.
0 komentar:
Posting Komentar