KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SMP/MTs
NO | SKL | INDIKATOR SKL | INDIKATOR SOAL | NO SOAL |
1 | Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | 1.Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari. | 1. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan satuan dalam SI pada satuan-satuan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | 1 – Paket 1 |
2. Peserta Didik dapat menentukan besaran-besaran pokok yang digunakan untuk menurunkan menjadi besaran turunan. | 1 – Paket 2 | |||
3. Disajikan gambar, peserta didik mampu membaca skala alat ukur fisika yang digunakan di laboratorium. | 1 – Paket 3 | |||
2 | Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. | 2. Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dalam kehidupan sehari-hari. | 1. Peserta Didik dapat menjelskan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya, atau dapat menentukan sifat wujud zat berdasarkan tabel atau gambar. | 2 – Paket 1 |
2. Disajikan gambar atau pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan contoh penerapan perubahan wujud sehari-hari. | 2 – Paket 2 | |||
3. Peserta didik dapat menentukan penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari. | 2 – Paket 2 | |||
| | 3 Menentukan konversi suhu pada termometer | 1. Peserta didik dapat menentukan nilai skala termometer Reamur, Fahrenheid dan Kelvin dengan cara membandingkan dengan termometer Cecius. | 3 Paket 1 |
2. Peserta didik dapat menentukan konversi suhu konversi suhu pada termometer. | 3 – Paket 2 | |||
3. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan nilai skala pada suatu termometer, dengan cara membandingkan dengan skala termometer lain yang diketahui besarnya.. | 3 – Paket 3 | |||
| | 4. Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari. | 1. Peserta didik dapat menentukan kenaikan suhu jika suatu zat mendapat kalor, variabel lain diketahui. | 4 – Paket 1 |
2. Melalui gambar grafik, peserta didik dapat menentukan besarnya kalor yang diperlukan oleh benda pada proses tertentu jika parameter lain diketahui. | 4 – Paket 2 | |||
3. Peserta didik dapat jumlah kalor yang digunakan untuk menaikkan suhu dan atau mengubah wujud zat baik melalui grafik atau tidak. | 4 – Paket 3 | |||
3. | Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari. | 5. Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. | 1. Melalui gambar, peserta didik dapat memberikan contoh sehari-hari penerapan hukum I Newton, II atau hukum III Newton | 5 – Paket 1 |
2. Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan contoh gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari | 5 – Paket 2 | |||
3. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat memberikan contoh penerapan hukum III Newton sehari-hari. | 5 – Paket 3 | |||
6. Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi | 1. Peserta didik dapat menentukan energi kinetik benda yang bergerak, jika massa dan kecepatan benda diketahui | 6 – Paket 1 | ||
2. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besarnya usaha, jika diketahui varial lain. | 6 – Paket 2 | |||
3. Peserta didik dapat menentukan besarnya usaha yang dilakukan sebuah beberapa gaya yang bekerja suatu benda, jika variable lain diketahui. | 6 – Paket 3 | |||
| | 7. Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. | 1. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besar gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban menggunakan bidang miring. | 7 – Paket 1 |
2. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan gaya minimal yang digunakan untuk mendorong benda menggunakan bidang. miring. | 7 – Paket 2 | |||
3. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besar gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban menggunakan bidang miring. | 7 – Paket 3 | |||
| | 8. Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat. | 1. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besarnya salah satu variabel pada hukum Pascal. | 8 – Paket 1 |
2.Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan tekanan terbesar atau terkecil yang ditimbulkannya jika kedalaman zat cair berbeda. | 8 – Paket 2 | |||
| | | 3. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besarnya salah satu variabel yang berlaku pada hokum (Hukum Archimides, Hukum Pascal, Hukum Utama Hidrostatika, Hukum Bejana Berhubungan) 1. | 8 – Paket 3 |
4. | Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. | 9. Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang. | 1. Disajikan gambar gelombang trasversal dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan cepat rambat, panjang, periode gelombang. | 9 – Paket 1 |
2. Disajikan gambar ayunan atau pegas yang ditentukan data-datanya, peserta didik dapat menentukan salah satu variable, jika variable lain diketahui. | 9 – Paket 2 | |||
3. Disajikan gambar gelombang longitudinal dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan frekuensi, cepat rambat gelombang. | 9 – Paket 3 | |||
| | 10. Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | 1. Disajikan gambar, peserta didik mampu menjelaskankan alasan bandul mana yang ikut berayun jika bandul yang lain diayunkan. | 10 – Paket 1 |
2. Peserta didik dapat menjelaskan penerapan bunyi dalam kehidupan sehari-hari | 10 – Paket 2 | |||
3. Peserta didik mampu menunjukkan bukti bahwa bunyi merambat memerlukan zat antara. | 10 – Paket 3 | |||
| | 11. Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari. | 1. Disajikan gambar benda dan bayangannya pada lensa cembung, Siswa dapat menentukan jarak fokus lensa jika jarak benda dan bayangan diketahui | 11 – Paket 1 |
| | | 2. Disajikan gambar benda di depan cermin cekung yang jarak fokus dan jarak bendanya diketahui, siswa dapat menentukan perbesaran dan sifat bayangan. | 11 – Paket 2 |
| | | 3. Siswa dapat menentukan sifat bayangan pada alat optik tertentu. | 11 – Paket 3 |
5 | Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | 12. Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari. | 1. Siswa dapat menentukan arah perpindahan elektron dan atau jenis muatan benda tertentu setelah digosok dengan benda/kain tertentu | 12 – Paket 1 |
| | | 2. Siswa dapat menentukan induksi listrik terhadap elektroskop melalui gambar sebagai pilihan jawaban | 12 – Paket 2 |
| | | 3. Siswa dapat menentukan nilai gaya elektrostika antara 2 benda bermuatan listrik jika jarak kedua benda dijauhkan atau didekatkan pada kelipatan tertentu dari jarak semula dengan muatan tetap | 12 – Paket 3 |
| | 13. Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | 1. Disajikan rangkaian beberapa penghambat seri-paralel, yang diketahui hambatan masing-masing dan kuat arus pada salah satu cabang, | 13 – Paket 1 |
| | | 2. Disajikan gambar rangkaian beberapa penghamabatsecara paralel yang diketahui hambatannya masing-masing, Siswa dapat menentukan kuat arus pada titik cabang atau pada salah satu cabang jika ggl dan hamabatan dalam sumber tegangan diketahui. | 13 – Paket 2 |
| | | 3. Disajikan gambar rangkaian beberapa penghambat secara seri paralel yang diketahui hambatannya masing-masing, Siswa dapat menentukan kuat arus yang mengalir jika ggl dan hamabatan dalam sumber tegangan diketahui. | 13 – Paket 3 |
| | 14. Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam`kehidupan sehari-hari. | 1. Siswa dapat menghitung besar energi listrik jika tegangan, kuat arus dan waktu diketahui | 14 – Paket 1 |
| | | 2. Siswa dapat menghitung besar energi listrik atau jumlah rekening listrik dalam satu bulan jika jumlah dan jenis alat serta daya dan waktu pemakaiannya diketahui | 14 – Paket 2 |
| | | 3. Disajikan gambar alat listrik yang diketahui daya dan tegangannya, siswa dapat menentukan hambatan alat tersebut | 14 – Paket 3 |
| | 15. Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan. | 1. Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara induksi , siswa dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau interaksi antar kutubnya | 15 – Paket 1 |
| | | 2. Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara gosokan , siswa dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau interaksi antar kutubnya | 15 – Paket 2 |
| | | 3. Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara elektromagnet, siswa dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau interaksi antar kutubnya | 15 – Paket 3 |
| | 16. Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator. | 1. Disajikan stimulus berupa hubungan antara nyala lampu sepeda dengan gerak sepeda, siswa dapat menjelaskan alasan makin cepat gerak sepeda, makin terang nyala lampu | 16 – Paket 1 |
| | | 2. Siswa dapat menentukan satu atau lebih faktor yang mempengaruhi ggl induksi | 16 – Paket 2 |
| | | 3. Disajikan gambar skema trafo siswa dapat menentukan salah satu variabel pada rumus trafo jika variabel lainnya diketahui. | 16 – Paket 3 |
6. | Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya. | 17. Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari. | 1. Siswa dapat menjelaskan atau memberikan contoh fenomena alam yang disebabkan oleh peredaran bumi dan bulan terhadap matahari | 17 – Paket 1 |
| | | 2. Siswa dapat mememberikan contoh fenomena alam yang disebabkan oleh revolusi bumi | 17 – Paket 2 |
| | | 3. Siswa dapat mememberikan contoh fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi | 17 – Paket 3 |
7 | Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari. | 18. Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari. | 1. Disajikan beberapa senyawa siswa dapat menentukan senyawa asam,basa dan garam | 18 – Paket 1 |
| | | 2. Siswa dapat mengolongkan beberapa contoh zat ke dalam kelompok unsur, senyawa dan campuran | 18 – Paket 2 |
| | | 3. Siswa dapat mengolongkan beberapa contoh zat ke dalam kelompok campuran. | 18 – Paket 3 |
8. | Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat-sifat, dan perubahannya. | 19. Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan. | 1. Diberikan suatu data tentang sifat-sifat suatu zat, siswa dapat menentukan sifat tersebut tergolong sifat fisika atau kimia. | 19 – Paket 1 |
| | | 2. Disajikan informasi tentang karakteristik suatu zat, siswa dapat menentukan sifat zat tersebut (asam, basa ataukah garam). | 19 – Paket 2 |
| | | 3. Siswa dapat menentukan sifat fisika atau kimia dari percobaan sederhana/pengamatan | 19 – Paket 3 |
| | 20. Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan. | 1. Disajikan suatu data proses percobaan perubahan zat, siswa dapat menentukan kesimpulan dari percobaan tersebut | 20 – Paket 1 |
| | | 2. Disajikan suatu data proses percobaan perubahan zat, siswa dapat menentukan kesimpulan dari percobaan tersebut | 20 – Paket 2 |
| | | 3. Disajikan suatu data proses percobaan perubahan zat, siswa dapat mengelompokkan perubahan kimia dari percobaan tersebut | 20 – Paket 3 |
0 komentar:
Posting Komentar