PAKET III
SOAL PENGAYAAN UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN 2013/2014
1. Indikator UN : Mengidentifikasi isi dan bagian suatu paragraf
Soal :
Bacalah paragraf berikut!
Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung Puting ditargetkan 15 ribu orang per tahun mulai 2015. Target ini diharapkan terpenuhi melalui kerja sama menyeluruh pengampu kepentingan. Tujuan ini bisa tercapai jika masing-masing mau bekerja sama. Namun peningkatan kunjungan wisatawan tidak boleh mengganggu tujuan utama daerah konservasi. Wisatawan selama ini didominasi pelancong manca negara.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A. target jumlah wisatawan
B. jumlah kunjungan wisatawan
C. peningkatan kunjungan wisatawan
D. dominan pelancong manca negara
Kunci : A
Pembahasan :
Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasa terdapat pada awal atau akhir paragraf. Kalimat utama tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata kunci: Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung Puting ditargetkan 15 ribu orang per tahun mulai 2015. (jumlah kunjungan wisatawan). Target ini …. (kalimat kedua)
2. Indikator UN: Menentukan persamaan isi berita
Indikator Soal: Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan isi berita tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan teks berita berikut!
Teks Berita I | Teks Berita II |
Tingkat pencemaran udara di kota Bekasi sudah masuk dalam tahap mengkhawatirkan. Diperkirakan pencemaran udara itu akan semakin parah karena jumlah kendaraan terus bertambah. Saat ini Badan Pengendali lingkungan hidup (BPLH) kota Bekasi sedang memeriksa tingkat pencemaran. Beberapa di antaranya berada di Jalan Raya Ahmad, Jalan Cut Mutiah, dan Jalan Siliwangi. | Sejumlah warga Desa Krebet Sengrong, Bulu Lawang, Malang mengeluhkan pencemaran udara akibat sisa pembakaran pabrik gula di wilayah itu. Pencemaran udara itu sampai tingkat yang mengkhawatirkan. Akibat pencemaran udara tersebut, sejumlah warga terpaksa menggunakan masker pada pagi hari. Selain udara di pagi hari, air warga juga kadang tercemar. Hal itu terjadi setiap kali musim giling tebu yang dilakukan pabrik gula. |
Persamaan isi kedua kutipan teks berita tersebut adalah ….
A. proses pencemaran udara
B. tempat pencemaran udara
C. tingkat pencemaran udara
D. penyebab pencemaran udara
Kunci : C
Pembahasan :
Informasi adalah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita, kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut.
Kata-kata yang dirujuk:
Teks I: Tingkat pencemaran udara di kota Bekasi sudah masuk dalam tahap mengkhawatirkan.
Teks II: Pencemaran udara itu sampai tingkat yang mengkhawatirkan.
3. Indikator UN: Menentukan perbedaan penyajian berita
Indikator Soal: Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian berita tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan teks berita berikut!
Teks Berita I | Teks Berita II |
Tiga pekerja pembangkit listrik Fuku Shima Daiichi, Jepang resah. Sistem pendinginnya tercemar radiasi dosis tinggi. Mereka menjadi korban saat berusaha memulihkan daya listrik reaktor nomor tiga. Dua dari mereka harus dirawat di dua rumah sakit. Demikian informasi dari Badan Keselamatan Nuklir Jepang, Kamis (24/3) | Air kran di pipa air ibu kota Jepang itu terdeteksi mengandung radioaktif. Bahan kadarnya melebihi batas aman bagi bayi. Pemerintah Tokyo menegaskan bayi tidak diperkenankan minum dari air kran. Sebagaimana warta AFP pada Rabu (23/3), pemerintah menyarankan untuk menghindari penggunaan air kran dalam membuat minuman bagi bayi. |
Perbedaan penyajian kedua kutipan teks berita tersebut adalah …
| Teks Berita I | Teks Berita II |
A. | diawali dengan unsur berita bagaimana | diawali dengan unsur berita mengapa |
B. | diawali dengan unsur berita siapa | diawali dengan unsur berita bagaimana |
C. | diawali dengan unsur berita siapa | diawali dengan unsur berita apa |
D. | diawali dengan unsur berita di mana | diawali dengan unsur berita kapan |
Kunci : C
Pembahasan :
Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W + 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when(kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Ada juga dalam bahasa Indonesia dikenal singkatan ASDAMBA (A=apa, S=siapa, D=di mana, A=apabila/kapan, M=mengapa, dan Ba=bagaimana). Selain itu, terdapat istilah ADIKSIMBA (A=apa, Di=di mana, K=kapan, Si=siapa, M=mengapa, Ba=bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan berita harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya, seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.
Teks berita I: Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu? Tiga pekerja pembangkit listrik Fuku Shima Daiichi, Jepang resah.
Teks berita II: Peristiwa apa? Air kran di pipa air ibu kota Jepang itu terdeteksi mengandung radioaktif.
4. Indikator UN: Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal: Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan keistimewaan tokoh tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!
Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada 2 Mei 1882. Beliau terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Saat genap berusia 40 tahun ia berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Perjalanan hidupnya diwarnai perjuangan dan pengabdian demi kepentingan bangsanya. Selain ulet di bidang wartawan, ia juga aktif pada organisasi sosial dan politik. Pada 25 Desember 1912 bersama Douwes Dekker, ia mendirikan Indiche Partij dan mendaftarkannya kepada pemerintah kolonial Belanda untuk memperoleh status badan hukum. Pendirian organisasi tersebut dihalang-halangi oleh pemerintah Belanda. |
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi kutipan biografi tersebut adalah ...
A. Ki Hajar Dewantara mendirikan Indische Party.
B. Ki Hajar Dewantara terlahir dari keturunan raden mas.
C. Ki Hajar Dewantara seorang wartawan dan tokoh politik.
D. Ki Hajar Dewantara pada usia 40 tahun mengganti namanya.
Kunci : C
Pembahasan : Keistimewaan seorang tokoh dapat dilihat dari tidak semua orang dapat memilikinya. Dalam hal ini, Ki Hajar Dewantara menjadi wartawan dan tokoh politik.
5. Indikator UN:Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal: Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan hal yang dapat diteladani pada tokoh tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan biografi berikut!
Seto Mulyadi atau biasa dikenal sebagai Kak Seto lahir di Klaten, 28 Agustus 1951. Kak Seto adalah psikolog anak dan pembawa acara televisi untuk anak-anak bersama dengan Henny Purwonegoro. Ia juga menjabat ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak. Berawal dari kematian adiknya saat berumur tiga tahun akibat penyakit campak membuat Seto mulai menekuni dunia anak. Berbagai pengalaman pernah dirasakan yaitu menjadi pengaduk semen, tukang batu, dan tukang parkir pada saat mulai di Jakarta. |
Hal yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah ….
A. penyayang terhadap sesama
B. bekerja keras dalam kehidupannya
C. siap prihatin dalam membawakan acara
D. menjadi ketua Komite Perlindungan An
Kunci : B
Pembahasan : Di antara empat pilihan, hanya pilihan (B) yang merupakan sifat teladan dan patut dicontoh.
6. Indikator UN: Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal: Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan penjelasan isi salah satu kalimat pada iklan tersebut.
Soal :
Perhatikan iklan berikut!
|
Penjelasan isi kalimat (3) pada iklan tersebut adalah …
A. datang ke kelurahan di mana saja
B. datang ke kelurahan yang terdekat
C. datang ke kelurahan dalam satu tempat
D. datang ke kelurahan sesuai dengan KTP
Kunci : D
Pembahasan : Penjelasan teks iklan tersebut dapat diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat kedua tersebut adalah D
7. Indikator UN: Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal: Disajikan sebuah iklan pengumuman, siswa dapat menentukan maksud iklan tersebut.
Soal :
Bacalah iklan pengumuman berikut!
Pengumuman
Panitia pengadaan barang dan jasa Desa Jati Makmur akan mengadakan pelelangan umum dengan ketentuan
Batas Anggaran : Rp45.400.500,00
Rincian Kegiatan : Pengadaan pupuk
Tempat : Kantor Kepala Desa Jati Makmur
Waktu Pendaftaran : 20 – 25 Maret 2013
Keterangan lebih lengkap dapat dilihat di tempat pendaftaran.
Maksud iklan tersebut adalah ….
A. menyampaikam kegiatan lelang pembelian pupuk
B. menginformasikan kegiatan lelang pembelian pupuk
C. menjelaskan tentang pelaksanaan lelang penjualan pupuk
D. menginformasikan kepada publik tentang lelang pengadaan pupuk
Kunci : D
Pembahasan : Maksud iklan tersebut dapat diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat pada iklan pengumuman tersebut adalah D.
8. Indikator UN:Menentukan kalimat fakta/opini dalam iklan
Indikator Soal: Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat fakta/opini yang terdapat pada iklan tersebut
Soal :
Perhatikan iklan berikut!
|
Kalimat fakta pada iklan tersebut ditandai nomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 4
D. 3 dan 5
Kunci : D
Pembahasan :
Fakta adalah sesuatu yang tertangkap oleh indra manusia atau data keadaan nyata yang terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan. Fakta dalam iklan dapat berbentuk frase atau kata.
Data pendukung kata hijau, kuning, birupada kalimat Tersedia dalam tiga warna: hijau, kuning, biru, dan kata ada pada kalimat Ada di PT Cepat Sehat, telepon 0815277557.
9. Indikator UN: Menyimpulkan isi paragraf
Indikator Soal: Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut.
Soal :
Bacalah paragraf berikut!
|
Simpulan isi paragraf tersebut adalah …
A. Kotagede berdiri sejak tahun 70-an.
B. Kotagede terkenal dengan peraknya.
C. Perhiasan dari perak sangat menawan.
D. Wisatawan mancanegara sering ke Kotagede.
Kunci : B
Pembahasan :
Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.
Bukti data: Kotagede telah menjadi sentra kerajinan perak (kalimat pertama) …Beragam kerajinan perak (kalimat kedua) … dihasilkan di Kotagede. Sejak tahun 70-an, kerajinan perak Kotagede (kalimat keempat) ….
10. Indikator UN:Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal: Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan penjelasan yang sesuai dengan isi grafik tersebut.
Soal :
Perhatikan grafik berikut!
Penjelasan yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah …
A. Sate digemari siswa laki-laki dan perempuan.
B. Pecel merupakan makanan yang sangat favorit.
C. Siswa SMP Merah Putih tidak menyukai mie dan pecel.
D. Siswa SMP Merah Putih yang menggemari soto hanya sedikit.
Kunci : D
Pembahasan : Grafik adalah lukisan dengan gambar/garis untuk mengetahui naik turunnya suatu keadaan. Isi suatu grafik dapat diketahui hubungan data (angka) yang ada pada titik koordinasinya. Hubungan angka itu bisa naik dan menurun. Menurut grafik batang tersebut, hanya sedikit siswa yang menggemari soto.
11. Indikator UN: Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal: Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan simpulan isi tabel tersebut
Soal :
Perhatikan tabel berikut!
ZONA EROPA GRUP B
KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2013
TIM | P | M | S | K | Poin |
Italia | 4 | 3 | 1 | 0 | 10 |
Bulgaria | 4 | 1 | 3 | 0 | 6 |
Republik Ceska | 3 | 1 | 2 | 0 | 5 |
Armenia | 3 | 1 | 0 | 2 | 3 |
Denmark | 3 | 0 | 2 | 1 | 2 |
Malta | 3 | 0 | 0 | 3 | 0 |
Keterangan:
P: jumlah pertandingan
M: jumlah kemenangan
S: jumlah seri
K: jumlah kekalahan
Simpulan isi tabel tersebut adalah …
A. Tidak ada tim yang kalah di dalam grup B zona Eropa.
B. Setiap kemenangan tim dalam grup B zona Eropa bernilai 1 poin.
C. Semua Negara dalam grup B zona Eropa bermain 4 pertandingan.
D. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2014 di grup B zona Eropa ada 6 negara.
Kunci : D
Pembahasan :
Penentuan simpulan dilakukan dengan menghubungkan seluruh fakta dan data yang terdapat pada tabel tersebut dalam bentuk pernyataan menyeluruh berupa pendapat akhir seluruh isi. Simpulan yang sesuai dengan keadaan tabel tersebut adalah pada kualifikasi Piala Dunia 2014 di grup B zona Eropa ada 6 negara. Pilihan A, B, dan C tidak sesuai dengan isi tabel.
12. Indikator UN : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal: Disajikan sebuah denah lokasi kegiatan, siswa dapat menentukan letak lokasi kegiatan tersebut.
Soal :
Perhatikan denah berikut!
Berdasarkan denah tersebut letak lokasi kegiatan adalah ….
A. sebelah selatan Jalan Sukagalih
B. sebelah timur Jalan Sukajadi
C. sebarang Jalan Dr. Junjunan
D. sebelah utara Jalan Sukagalih
Kunci : D
Pembahasan :
Menurut denah tersebut lokasi kegiatan berada di sebelah utara Jalan Sukagalih.
13. Indikator UN:Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal: Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan perjalanan yang paling efektif.
Soal :
Perhatikan denah berikut!
Arah perjalanan yang paling efektif dari rumah Athian ke Teater Kreatif adalah ….
A. Jalan Keadilan, Jalan Damai lalu ke utara Jalan Perjuangan
B. Jalan Perjuangan, belok ke selatan ke Jalan Damai, lalu belok ke barat
Jalan Cinta Kasih
C. Jalan Keadilan belok ke utara ke Jalan Perjuangan, lalu ke selatan Jalan
Kebersamaan
D. Jalan Perjuangan, belok ke barat Jalan Kebersamaan, lalu belok ke timur
ke Jalan Cinta Kasih
Kunci : C
Pembahasan :
Rute paling efektif adalah rute terdekat berdasarkan denah dengan melalui Jalan Keadilan belok ke utara ke Jalan Perjuangan, lalu ke selatan Jalan Kebersamaan Mars ke barat ke Jalan Matahari lalu ke selatan ke Jalan Merkurius.
14. Indikator UN:Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal: Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan tema puisi tersebut
Soal :
Perhatikan puisi berikut !
Gempa Bumi
Bumi bergoyang tanah bergetar
Rumah-rumah roboh
Orang-orang berlarian
Gempa bumi
Bila datang harus waspada
Bila ada harus siaga
Larilah keluar rumah
Gempa bumi
Tak dapat dihindari
Berdoalah kepada Tuhan
Agar engkau dilindungi
Tema puisi tersebut adalah ….
A. korban bencana alam
B. lokasi bencana alam
C. waspada gempa bumi
D. pertanda datang bencana
Kunci : C
Pembahasan :
Data pendukung: bila datang harus waspada; bila ada harus siaga; larilah keluar
15. Indikator UN: Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal: Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan larik bermajas pada puisi tersebut
Soal :
Perhatikan puisi berikut!
Si Jago Merah
Bila manusia teledor
Amarahmu memuncak
Melumatkan harta benda
Kerugian kan menimpa manusia
Sirnalah semua
Larik bermajas pada puisi tersebut terdapat pada larik ….
- 1 dan 3
- 2 dan 3
- 3 dan 4
- 2 dan 4
Kunci : B
Pembahasan :
Data pendukung: amarahmu memuncak dan melumatkan harta benda. Kedua larik tersebut menggunakan majas personifikasi.
16. Indikator UN: Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal: Disajikan dua puisi, siswa dapat menentukan perbedaan amanat kedua puisi tersebut.
Soal :
Perhatikan kedua kutipan puisi berikut!
Puisi I | Puisi II |
Engkau adalah teman sejati Kau dengar semua keluhanku Tentang sekolah, pekerjaan Engkau tak kan kulupakan | Sahabat selalu setia Seperti mentari yang tak pernah bosan menyinari dunia Sahabat membawa ketenangan Ibarat bulan yang menyejukkan malam |
Perbedaan amanat kedua puisi tersebut adalah ….
| Puisi I | Puisi II |
A | Jadilah teman sejati! | Jadilah sahabat yang setia! |
B | Rahasia harus dijaga! | Sahabat harus memberi ketenangan! |
C | Jadilah teman tempat curhat! | Sebagai sahabat harus setia! |
D | Harus bisa menjaga rahasia sahabat! | Jadilah sahabat yang menyenangkan! |
Kunci : A
Pembahasan :
Data pendukung: dicantumkannya kriteria teman sejati dan sahabat setia.
17. Indikator UN:Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal: Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan latar (waktu, tempat, suasana) kutipan cerpen tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan cerpen berikut!
Bibirku tak sanggup lagi untuk berbicara sepatah kata pun. Langsung kunon-aktifkan hp-ku. Dan kulempar jauh dariku. Aku benar-benar tidak pernah menduga bahwa dia akan pindah. Kabar ini sungguh membuatku kehilangan tulang-tulang rangka yang menopang tubuhku. Badanku terasa sangat lemah, dan aku hanya bisa terduduk lemas sambil menggigit guling yang ada di genggamanku.
“Sudahlah,” Dayu memegang tangan Airin. “Kenalkan, ini Pamanku.”
“Aku juga datang dengan Papa, Mama, dan adikku. Ayo kita ke sana!”
Airin mendorong kursi Dayu, berjalan di atas pasir putih yang lembut. Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut yang tampak kecoklatan karena langit mulai redup. Rambut Airin yang cepak tak bisa berkibar-kibar seperti rambut Dayu.
Latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. tempat duduk
B. tengah rumah
C. kamar tidur
D. kursi beranda
Kunci : C
Pembahasan :
Latar tempat dalam cerita tersebut yaitu kamar tidur. Hal ini ditandai dengan kata …terduduk lemas sambil menggigit guling.
18. Indikator UN: Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal: Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut.
Soal
Bacalah kutipan cerpen berikut!
(1)“Ma, perut Amrin sakit sekali. Sebelah sini, Ma. “Aku menunjuk bagian lambung. (2) Mama tampak lebih khawatir lagi, karena takut terjadi apa-apa denganku, Mama lalu mengajakku ke dokter. (3) “Tapi Ma, hari ini kan Amrin ada ulangan matematika jam pertma, masa Amrin tidak ikut.” (4) “Nanti ulangan susulan saja. Kalau tidak diobati sekarang, nanti makin parah. Kalau kamu masuk rumah sakit saat ulangan umum minggu depan, bagaimana?” bujuk Mama.
Bukti watak tokoh Mama penyayang ditandai dengan nomor ….
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
Kunci : D
Pembahasan :
Bukti bahwa tokoh Mama memiliki watak penyayang adalah pada pernyataan “Mama tampak lebih khawatir lagi, karena takut terjadi apa-apa denganku, Mama lalu mengajakku ke dokter. “Nanti ulangan susulan saja. Kalau tidak diobati sekarang, nanti makin parah. Kalau kamu masuk rumah sakit saat ulangan umum minggu depan, bagaimana?” bujuk Mama.
19. Indikator UN:Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal: Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokoh pada kutipan dalam cerpen tersebut
Soal
Bacalah kutipan cerita berikut!
Penggambaran watak tokoh Aku pada kutipan cerpen tersebut melalui cara ....
A. dialog tokoh
B. perilaku tokoh
C. dialog antartokoh
D. diceritakan pengarang
Kunci : D
Pembahasan :
Penggambaran watak tokoh Seruni dilakukan dengan cara diceritakan pengarang. Seperti yang ditunjukkan pada kalimat dalam kedua paragraph tersebut. (Aku menyukai Seruni sebagai sahabat yang baik. …Yah, seruni itu sangat mandiri….)
20. Indikator UN: Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal: Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan amanat kutipan cerita tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan cerita berikut!
|
Amanat kutipan cerita tersebut adalah …
A. Setiap orang yang minta maaf harus dimaafkan.
B. Sesama manusia seharusnya saling menghargai.
C. Kita harus menjunjung tinggi adat istiadat tertentu.
D. Kita tidak boleh menyakiti hati orang tua, terutama ibu.
Kunci : D
Pembahasan : Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis melalui ceritanya. Dalam kutipan cerpen tersebut, pengarang menyampaikan pesan secara implisit melalui percakapan tokoh agar kita tidak menyakiti hati orang tua, terutama ibu.
21. Indikator UN : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal: Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan konflik pada kutipan cerita tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan cerita berikut!
|
Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah …
A. Suminah sangat kesal terhadap perbuatan Kang Sapar.
B. Suminah berhasil memerangi nafsunya atas rajukan Titin.
C. Suminah ragu akan memaafkan atau tidak perbuatan buruk anaknya.
D. Suminah akan memaafkan perbuatan buruk Kang Sapar jika pulang.
Kunci : C
Pembahasan :
Konflik dalam sebuah cerita merupakan bagian yang menunjukkan adanya pertentangan dalam cerita tersebut. Biasanya konflik terjadi karena adanya benturan (ketidakserasian), baik dengan dirinya atau dengan tokoh lain. Awalnya tokoh Suminah tidak bisa memaafkan kesalahan Titin (anaknya), hingga di dalam diri Suminah timbul konflik apakah seorang ibu harus memaafkan anaknya yang tega menyakitinya. Namun akhirnya, suminah luluh oleh rujukan Titin. Kata yang dirujuk: “Titin benar”, Suminah membatin. Tetapi, haruskah ada maaf untuk seorang anak, darah daging sendiri yang tega menyakiti orang tuanya sendiri? Akhirnya, hati Suminah luluh juga oleh rajukan Titin.
22. Indikator UN:Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel
Indikator Soal: Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan adat yang terdapat pada kutipan novel tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan novel berikut!
Adat dalam novel tersebut adalah ....
A. Pernikahan tidak harus direstui oleh kedua orang tua.
B. Menikahkan anak secara paksa (jodoh dipilihkan orang tua).
C. Jika memilih jodoh harus yang sesuai dengan keinginan orang tua.
D. Pernikahan dengan gadis pilihan orang tuanya sebagai tanda bakti.
Kunci : D
Pembahasan: Adat yang terdapat pada kutipan novel tersebut adalah pernikahan Aminuddin dengan gadis pilihan orang tuanya merupakan tanda bakti seorang anak.
23. Indikator UN:Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel
Indikator Soal: Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut.
Soal :
Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Novel I | Novel II |
Akibat kebakaran, Baginda Sulaeman jatuh bangkrut dan hutang yang menumpuk pada datuk Maringgih. Datuk Maringgih menagih hutangnya pada Baginda Sulaeman. Baginda Sulaeman tidak mampu membayarnya. Dengan alasan itu, Datuk Maringgih langsung menawarkan bagaimana kalau Siti Nurbaya, putri Baginda Sulaeman dijadikan teman hidup Datuk Maringgih. Dengan itu hutangnya dianggap lunas. | Suparta sudah menjadi dokter dan bekerja di rumah sakit di mana Ratna dirawat. Dokter Supartalah yang merawatnya. Betapa gembiranya hati Suparta bertemu Ratna yang dicintainya. Sudah lama mencari tidak ketemu-ketemu. Sejak hati ibunya lunak, Suparta terus mencari keberadaan Ratna. Tapi tak kunjung bertemu. |
Perbedaan karakterisik kedua kutipan novel tersebut adalah….
| Novel I | Novel II |
A | sudut pandang orang pertama | sudut pandang orang ketiga |
B | latar tempatnya jelas | latar tempatnya tidak jelas |
C | bertema kelicikan/tipu daya | bertema pertemuan |
D | penggambaran watak tokoh dengan cara dialog antartokoh | penggambaran watak dengan langsung oleh pengarang |
Kunci : C
Pembahasan :
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut terletak pada tema. Pada kutipan novel I bertema kelicikan/tipu daya, sedangkan pada kutipan novel II bertema pertemuan.
24. Indikator UN : Mengidentifikasi unsur intrinsik novel
Indikator Soal: Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan suasana yang terdapat pada kutipan naskah drama tersebut.
Soal :
Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
|
Suasana yang tergambar dalam kutipan drama tersebut adalah ….
A. tenang
B. pamer
C. ribut
D. semangat
Kunci : D
Pembahasan :
Suasana pada kutipan drama tersebut tergambar dari teriakan ketiga tokoh drama tersebut.
25. Indikator UN : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
Indikator Soal: Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan latar (waktu, tempat) yang terdapat pada kutipan naskah drama tersebut.
Soal:
Bacalah kutipan naskah drama berikut!
Latar tempat kutipan naskah drama tersebut tersebut adalah ….
A. di sekolah
B. di jalan raya
C. di dalam rumah
D. di halaman rumah
Kunci : C
Pembahasan :
Latar tempat pada kutipan teks drama tersebuat di dalam rumah. Hal itu tersirat dalam kalimat Siska, hujan lebat tak kunjung reda, Alien, adik kta belum pulang. Ini mengindikasikan di dalam rumah.
0 komentar:
Posting Komentar