PAKET - II
SOAL PENGAYAAN UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN FISIKA
TAHUN 2013/2014
Indikator SKL :
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dansatuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Peserta Didik dapat menentukan besaran-besaran pokok yang digunakan untuk menurunkan menjadi besaran turunan.
Soal:
1. Besaran gaya diturunkan dari besaran pokok….
A. massa dan panjang
B. massa dan percepatan gravitasi
C. massa, panjang dan waktu
D. jarak dan percepatan gravitasi
Kunci: C
Pembahasan:
Besaran gaya memiliki satuan: newton yang setara dengan kg m/s2. Satuan massa adalah kg, m/s2 merupakan satuan dari besaran percepatan gravitasi, percepatan gravitasi diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu. Jadi besaran gaya diturunkan dari besaran pokok massa, panjang dan waktu
Indikator SKL :
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari
Indikator Soal :
Disajikan gambar atau pernyataan, peserta didik dapt menyebutkan contoh penerapan perubahan wujud sehari-hari
Soal:
2. Perhatikan gambar!
Perubahan wujud yang dimanfaatkan untuk kepentingan manusia dalam kehidupan sehari-hari, ditunjukkan pada gambar nomor ….
A. 1. 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 3 dan 1
D. 4 dan 2
Kunci : C
Pembahasan :
Gambar 1. Membuat es krim, kapur barus adalah contoh pemanfaatan perubahan wujud dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator SKL :
Menentukan konversi suhu pada termometer
Indikator Soal :
Peserta didik dapat menentukan konversi suhu konversi suhu pada termometer.
Soal:
3. Pada suatu pengukuran suhu air menunjukkan 140 °F. Apabila diukur menggunakan termometer Celcius , maka akan menunjukkan nilai ....
A. 21,6 °C
B. 60°C
C. 194,4°C
D. 252°C
Kunci: B
Pembahasan :
F = 140°F
C : …?
Jawab:
C = C/F x (F-32°)
= 5/9 x (140°-32°)
= 5/9 x 108°
= 60°C
Indikator SKL :
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Melalui gambar, grafik, peserta didik dapat menentukan jumlah kalor yang diperlukan oleh benda pada proses tertentu, jika parameter lain diketahui
Soal:
4. Benda dipanaskan hingga melebur seperti pada grafik.
Jika kalor jenis es = 2.100 J/(kgoC) ,kalor jenis air 4.200 J/(kgoC) ,dan kalor lebur es = 340.000 J/kg, maka pada saat perubahan wujud terjadi diperlukan kalor sebanyak …
A. 105 kJ C. 275 kJ
B. 2.10 kJ D. 170 kJ
Kunci: D
Pembahasan:
Q= m x l
= 0,5 kg x 340.000 J/kg
= 170.000J
= 170 kJ
Indikator SKL :
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan contoh gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari
Soal:
5. Perhatikan gambar berikut!
Gerakan yang dilakukan oleh buah apel tersebut adalah ....
A. gerak lurus beraturan
B. gerak lurus diperlambat beraturan
C. gerak lurus tidak beraturan
D. gerak lurus dipercepat beraturan
Kunci: D
Pembahasan:
Benda jatuh ke Bumi disebabkan adanya percepatan gravitasi bumi yang besarnya 9,8 m/s2. Dapat diartikan setiap detiknya benda jatuh ke Bumi akan mendapat tambahan kecepatan sebesar 9,8 m/s.
Indikator SKL :
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.
Indikator Soal :
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besarnya usaha, jika diketahui variabel lain.
Soal:
6. Perhatikan gambar!
Ani memindahkan benda dari lantai paling bawah menuju lantai paling atas, jika percepatan gravitasi bumi di tempat tersebut 10 m/s2, maka usaha yang dilakukan oleh Ani adalah sebesar ….
A. 150 joule
B. 450 joule
C. 1.500 joule
D. 4.500 joule
Kunci : B
Pembahasan :
Ep = m x g x h
= 30 kg x 10 m/s2 x 1,5 m
= 450 joule
Indikator SKL :
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan gaya minimal yang digunakan untuk mendorong benda pada bidang. miring.
Soal:
7. Perhatikan gambar berikut!
Sebuah benda akan didorong ke atas melalui bidang miring seperti gambar. Apabila gaya gesek pada bidang miring diabaikan, maka besarnya gaya terkecil untuk mendorong benda tersebut adalah ….
A. 50 N
B. 200 N
C. 250 N
D. 1.250 N
Kunci : B
Pembahasan :
W = S = 500 N = 5 m
F h F 2 m
F = 500 N x 2 m = 200 N
5 m
Indikator SKL :
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
Indikator Soal :
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan tekanan terbesar atau terkecil yang ditimbulkannya jika kedalaman zat cair berbeda.
Soal:
8. Perhatikan gambar berikut!
Hubungan tekanan (P ) yang benar di titik-titik pada dasar bejana adalah…
a. P di A > P di B > di C
b. P di A< P di B < di C
c. P di A = P di B = P di C
d. Pdi A > P di B = P di C
Kunci : B
Pembahasan :
Tekanan di dalam zat cair makin ke dalam makin besar, maka tekanan di titik C lebih besar daripada di titik B dan tekanan di titik B lebih besar daripada di titik A.
Indikator SKL :
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
Indikator Soal :
Disajikan gambar ayunan atau pegas yang ditentukan data-datanya, peserta didik dapat menentukan salah satu variabel, jika variabel lain diketahui.
Soal:
9. Perhatikan gambar berikut!
Apabila waktu yang diperlukan untuk bergetar dari A ke C = 2 sekon, maka periode dan frekuensi getaran tersebut adalah....
a. 1 sekon, dan 0,5 Hz
b. 2 sekon, dan 50 Hz
c. 4 sekon, dan 0,5 Hz
d. 4 sekon, dan 0,25 m/s
Kunci : D
Pembahasan :
Gerakan bolak-balik melalui titik setimbang disebut 1 getaran sempurna, yaitu: A-B-C-B-A. Getaran A-C : ½ getaran dan waktunya : 2 s.
Waktu getaran 1/2 getaran = 2 detik, maka waktu 1 getaran penuh (A-B-C-B-A) = 4 s
Periode getaran (T) adalah waktu yang diperlukan setiap 1 getaran sempurna, yaitu: dari A-B-C-B-A = 4 s
Frekuensi getaran: jumlah getaran setiap sekon, atau kebalikan dari periode.
Jadi frekuensi= ¼ s = 0,25 Hz
Indikator SKL :
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Peserta didik dapat menjelaskan penerapan bunyi dalam kehidupan sehari-hari
Soal:
10. Ketika Ani menggetarkan penggaris plastik di atas meja, timbul getaran dengan periode 0,04 sekon. Jenis bunyi yang dihasilkan adalah,....
A. | infrasonik |
B. | audiosonik |
C. | ultrasonik |
D. | supersonik |
Kunci: B
Pembahasan:
Periode getaran (T) adalah waktu setiap satu getaran. Frekuensi getaran (f) adalah jumlah getaran setiap satu satuan waktu. Jadi perioda getaran berbanding terbalik dengan frekuensi getaran. Atau rumus: T= 1/f atau f = 1/T.
T= 0,04 s, maka f = 1/0,04 s= 25 getaran, bias didengar oleh telinga manusia.
Jenis bunyi ditinjau dari
Frekuensi benda bergetar yang bisa didengar bunyinya oleh manusia memiliki
1. Infrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi kurang dari 20 Hz, tidak bias didengar oleh telinga manusia tapi binatang tertentu bias mendengarnya. Contoh: jengkerik, anjing dst.
2. Audiosonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi antara 20 sd 20.000 Hz Bunyi ini bisa didengar oleh telinga manusia.
3. Ultrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi lebih dari 20.000 Hz.Bunyi ini tidak bisa didengar oleh telinga manusia. Binatang tertentu yang bias menangkap ultrasonic antara lain kelelelawar.
Indikator SKL:
Menentukan sifat cahaya, besaran besaran yang berhubungan denga cermin/lensa atau penerapan a optik dalam kehidupan sehari-hari
Indikator soal:
Disajikan gambar/stimulus, siswa dapat menghitung salah satu besaran fisika
pada cermin jika data yang diperlukan diketahuiSoal:
11. Sebuah benda terletak di depan cermin seperti gambar.
Perbesaran dan sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin tersebut adalah ....
A. 2 kali, maya terbalik
B. 3 kali, nyata terbalik
C. 4 kali, nyata terbalik
D. 6 kali, maya tegak
Kunci : B
Pembahasan.
Perbesaran bayangan = jarak bayangan : jarak benda.
Jarak bayangan siadalah ...
Sifat bayangan diperbesar, dan karena jarak bayangannya bernilai positif, bayangannya nyata.Bayangan nyata pasti terbalik.
Indikator SKL:
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupa sehari-hari
Indikator soal :
Siswa dapat menentukan induksi listrik terhadap elektroscop melalui gambar sebagai pilihan jawaban
Soal:
12.Gambar berikut ini yang menunjukkan kedudukan daun elektroskop yang diberi muatan listrik secara induksi adalah ....
Kunci : C
Pembahasan.
Jika sebuah elektroskop didekatkan dengan berlawanan bermuatan, maka kepala elektroskop akan bermuatan berbeda dengan muatan benda yang mendekatinya dan pada daun elektroskop akan bermuatan yang sejenis dengan muatan benda yang mendekati sehingga daun elektroskop membuka
Indikator SKL:
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator soal:
Disajikan gambar rangkaian beberapa penghambat secara paralel-seri yang diketahui hambatannya masing-masing, siswa dapat menentukan kuat arus pada titik cabang atau pada salah satu cabang jika ggl dan hamabatan dalam sumber tegangan diketahui.
Soal:
13. Perhatikan rangkaian listrik berikut!
Kuat arus ( I) yang mengalir sebesar ....
A. 0,5 A
B. 2,0 A
C. 2,4 A
D. 4,0 A
Kunci :B
Pembahasan.
Hambatan pengganti rangkaian paralel adalah :
Kuat arus yang mengalir adalah :
Indikator SKL:
Menentukan besaran energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Indikator soal:
Siswa dapat menghitung besar energi listrik atau jumlah rekening listrik dalam satu bulan jika jumlah dan jenis alat serta daya dan waktu pemakaiannya diketahui
Soal:
14. Dalam sebuah rumah terdapat 6 lampu 40 watt, 3 lampu 60 watt dan sebuah TV 60 watt. Setiap hari dinyalakan 8 jam.jika harga 1 Kwh Rp 250. Maka biaya yang harus dibayar selama 1 bulan ( 30 ) hari ….
A. Rp. 28800
B. Rp. 32000
C. Rp. 48000
D. Rp. 82800
Kunci :A
Pembahasan
Jumlah energi yang digunakan dalam 1 hari 6 x 40 w x 8 h = 1920 wh
3 x 60 w x 8 h = 1440 wh
1 x 60 w x 8 h = 480 wh
_______________________
3840 wh = 3,84 Kwh
Jumlah energi dalam 1 bulan = 3,84 Kwh x 30 = 115,2 Kwh
Biaya yang harus dibayar = 115,2 x Rp. 250 = Rp. 28800
Indikator SKL:
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan
Indikator soal:
Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara menggosok siswa dapat menentukan kutub-kutub magnet yang dihasilkan dan sifatnya
Soal:
15. Perhatikan gambar !
Batang besi akan dibuat menjadi magnet dengan cara seperti gambar.
Kutub-kutub magnet yang terjadi dan sifat magnet yang terbentuk adalah ...
A. A = kutub utara, B = kutub selatan, sementara
B. A = kutub selatan, B = kutub utara, permanen
C. A = kutub utara, B = kutub selatan, permanen
D. A = kutub selatan, B = kutub utara, sementara
Kunci: D
Pembahasan
Pada pembuatan magnet dengan cara menggosok, kutub-kutub magnet yang terbentuk adalah bagian yang pertama kena gosokan magnet memiliki kutub yang sama dengan kutub yang menggosoknya dengan demikian A menjadi kutub selatan dan B menjadi kutub utara dan bersifat sementara
Indikator SKL:
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
Indikator soal:
Siswa dapat menentukan satu atau lebih faktor yang mempengaruhi ggl induksi
Soal:
16. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Jarak antar lilitan diperbesar
2. Diameter kawat diperbesar
3. Medan magnet diperkuat
4. Gerak magnet dipercepat
Untuk memperbesar ggl induksi dapat dilakukan sesuai pernyataan nomor ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
Kunci : D
Pembahasan
Faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi adalah :
1. Jumlah lilitan, semakin banyak lilitannya maka GGL induksi semakin besar dan sebaliknya semakin sedikit lilitannya maka GGL induksi semakin kecil
2. Kecepatan gerak magnet, semakin cepat gerak magnet GGL semakin besar dan sebaliknya
3. Kekuatan gaya magnet, semakin kuat gaya magnet, GGL induksi semakin besar dan sebaliknya
Indikator SKL:
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bulan terhadap matahari
Indikator soal:
Disajikan bebrapa pernyataan, siswa dapat menentukan ciri-ciri meteor.
Soal:
17. Perhatikan sifat benda langit berikut!
1. Lintasannya sangat lonjong.
2. Lintasannya berada diantara planet Mars dan Yupiter
3. Dilihat dari bumi tampak seperti bintang berpindah.
4. Ketika memasuki atmosfer bumi terbakar dan berpijar
Sifat yang dimiliki meteor ditunjukkan oleh sifat nomor.........
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
Kunci :D
Pembahasan.
Meteor adalah benda langit yang bergerak berterbangan tidak beraturan. Benda- benda tersebut mungkin berasal dari serpihan asteroid, serpihan ekor komet atau pecahan benda-benda langit lain. Karena mendapat pengaruh gaya gravitasi bumi, serpihan-serpihan benda langit tersebut bergerak melesat ke arah bumi dan terbakar karena gesekan dengan atmosfer. Timbullah nyala terlihat seperti bintang beralih.
Indikator SKL:
Mendeskripsikan atom, ion dan molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari hari
Indikator soal:
Diberikan suatu data tentang kandungan kimia suatu bahan, siswa dapat menentukan atom, ion atau molekul
Soal:
18. Cairan aki merupakan larutan asam sulfat (). Berarti dilarutan tersebut
terdapat ion......
A. +
B. H +
C. +
D. + +
Kunci : c
Pembahasan :
Pada cairan aki atau asam sulfat terdapat satu ion positif H dan 2 ion negatif
Kunci : A
Indikator SKL:
Mendeskripsikan larutan asam, basa atau garan
Indikator soal:
Diberikan suatu data sifat-sifat atau ciri-ciri suatu zat, dapat menentukan zat yang tergolong basa.
Soal:
19. larutan zat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Berasa pahit
2. Memiliki pH lebih dari 7
3. Mengubah warna kunyit menjadi kuning terang
4. Mengubah lakmus merah menjadi biru
Ciri-ciri basa adalah ....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 1, 2 dan 4
Kunci : D
Pembahasan :
Ciri – ciri larutan basa adalah
v rasa pahit
v dapat menghantarkan listrik
v mengubah lakmus merah menjadi biru
v pH nya lebih dari 7
Indikator SKL:
Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia
Indikator soal:
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat membedakan cirri senyawa dan campuran
Soal:
20. Berikut adalah sifat – sifat zat:
1. Berupa zat tunggal yang terdiri dari beberapa atom tidak sejenis.
2. Sifat zat asalnya tidak berubah setelah disatukan
3. Dapat diuraikan menjadi zat berbeda dengan cara fisika
4. Unsur pembentuknya memiliki perbandingan yang tetap.
Ciri senyawa dan campuran secara berturut-turut ditunjukkan oleh sifat nomor....
A. 1, 2 dan 3, 4
B. 1, 4 dan 2, 3
C. 2, 3 dan 1, 4
D. 3, 4 dan 1, 2
Kunci : B
Pembahasan :
Senyawa merupakan zat tunggal yang terdiri dari beberapa atom yang tidak sejenis, unsur pembentuknya memiliki perbandingan tetap dan sifat senyawa
Campuran merupakan suatu zat yang tersusun dari beberapa zat dan masing-masing zat masih membawa sifat aslinya
Indikator SKL:
Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu serta perubahannya.
Indikator Soal:
Siswa dapat memberikan contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari
Soal:
21. Perhatikan peristiwa sehari-hari berikut!
1. Ibu Ani pandai sekali membuat ketupat dari beras ketan
2. Ketika Ani memasak nasi, karena kebanyakan air, maka nasi itupun menjadi bubur
3. Daun-daun yang tadinya subur, setelah musim kemarau menjadi kering dan
berguguran
4.Karena ada pemadaman listrik dari PLN, maka es cream di dalam kulkas
mencair
Perubahan fisika, dapat ditunjukkan pada pernyataan nomor ….
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 2, 3, dan 4
C. 3 dan 4
D. 4 saja
Kunci: D
Pembahasan:
· Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak menghasilkan zat yang jenisnya baru
Contoh: es cream itupun menjadi cair
§ Perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan zat yang jenisnya baru
Contoh:
Ø Perubahan ketupat dari beras ketan
Ø Nasi menjadi bubur
Ø Daun-daun mongering sehingga menjadi kuning
0 komentar:
Posting Komentar