. Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
01. Perbedaan antara Adat dan Hukum Adat terletak pada .....
a. sumbernya
b. isinya
c. sanksinya
d. daerah berlakunya
02. Ada empat macam norma, kecuali .....
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. kepercayaan
03. Marlinda berusaha untuk hormat pada orang yang lebih tua. Perilaku Marlinda merupakan pelaksanaan dari norma .....
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum
04. Dalam kehidupan bernegara, norma yang dianggap paling tegas adalah norma .....
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum
05. Tujuan pokok dari hukum, adalah .....
a. keseimbangan
b. keselarasan
c. kepastian
d. ketertiban
06. Hukum yang sedang berlaku pada suatu negara dan waktu tertentu, adalah .....
a. Ius Constituendum
b. Ius Soli
c. Ius Sanguinus
d. Ius Constitutum
07. Salah satu sumber hukum diantaranya adalah .....
a. jurisprudence
b. undang – undang
c. dekrit
d. coup d’etat
08. Hukum yang dicita – citakan oleh bangsa Indonesia adalah .....
a. hukum nasional
b. sistem hukum nasional
c. sub sistem hukum nasional
d. sub hukum nasional
09. Menyebrang jalan melalui zebra cross, sebaiknya dilakukan karena .....
a. ingin dipuji
b. takut
c. sesuai dengan aturan yang berlaku
d. terpaksa
10. Penduduk adalah seseorang yang .....
a. tinggal di suatu tempat
b. tinggal di suatu tempat tertentu
c. tinggal di suatu daerah
d. tinggal di suatu daerah tertentu
11. Jika kita mematuhi peraturan dan menjalankan tata tertib, harus diartikan bahwa …..
a. kita takut akan hukuman
b. kewajiban warga negara untuk mematuhi segala perturan yang berlaku
c. ingin berbuat baik di hadapan pimpinan
d. merupakan keharusan karena kita rakyat
12. Perbuatan yang mencerminkan adanya kesadaran hukum adalah …..
a. melaksanakan penataran secara bersama
b. membayar pajak tepat waktu
c. menolong korban kecelakaan lalu lintas
d. menyumbang dana untuk pembangunan jalan
13. Salah satu cara meningkatkan kesadaran hukum warga negara ialah dengan …..
a. menyeberang jalan pada zebra cross
b. membuang sampah pada tempatnya
c. memperbanyak rambu-rambu lalu lintas
d. memberikan penyuluhan hokum
14. Norma yang merupakan peraturan yang dianggap hidup sebagai suara hati manusia adalah …..
a. norma agama
b. norma hukum
c. norma kesusilaan
d. norma kesopanan
15. Manfaat norma dalam kehidupan bermasyarakat adalah …..
a. merupakan ciri khas negara hukum
b. supaya keinginan tidak saling berbenturan
c. menjaga nama baik dalam masyarakat
d. untuk menertibkan masyarakat
16. Seorang pejabat yang memiliki perilaku baik biasanya …..
a. selalu izin untuk kepentingan keluarga
b. mematuhi disiplin pegawai
c. mengikuti kehendak atasan
d. memerhatikan teman sekantor
17. Norma kesopanan lebih menekankan ketaatan terhadap …..
a. anjuran para pejabat
b. nasihat dari tokoh agama
c. kebiasaan masyarakat
d. anjuran nenek moyang
18. Orang yang melanggar hukum sebaiknya
a. dipenjara seumur hidup
b. ditahan di kantor polisi
c. diadili melalui pengadilan
d. diwajibkan membayar denda
19. Sebagian besar masyarakat perkotaan lebih mematuhi norma hukum dari pada norma lainnya sebab norma hukum …..
a. bersifat tertulis
b. dibuat pejabat negara
c. tidak berubah-ubah
d. sanksinya jelas
20. Norma hukum yang paling sederhana dan berlaku di lingkungan siswa suatu sekolah adalah …..
a. tata tertib sekolah
b. undang-undang sekolah
c. hukum dasar tertulis
d. adat istiadat
21. Orang yang memiliki norma kesopanan biasanya memiliki …..
a. budi pekerti yang luhur
b. teman yang banyak
c. uang yang cukup
d. pengetahuan yang memadai
22. Hukum publik adalah hukum yang mengatur hubungan antara …..
a. negara dan warga negara
b. warga negara dan warga negara
c. warga negara dan orang asing
d. pejabat negara dan warga Negara
23. Norma hukum akan dapat diterapkan dengan baik apabila …..
a. warga negara mendukung pelaksanaan hukum
b. pemerintah tegas dalam memberikan sanksi
c. setiap pelanggar hukum ditangkap polisi
d. penegak hukum terdiri dari orang-orang yang berwibawa
24. Penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas ialah …..
a. jalan yang rusak dan sempit
b. padatnya arus lalu lintas
c. kurangnya kesigapan polisi
d. rendahnya disiplin berlalu lintas
25. Usaha yang paling tepat dilakukan oleh setiap warga negara agar kepatuhan terhadap norma dapat meningkat ialah
a. mengumpulkan buku-buku yang berisi norma
b. membantu polisi menangkap penjahat
c. melaksanakan siskamling setiap malam
d. menjauhi perbuatan yang dilarang
26. Contoh bentuk pelanggaran yang melanggar berbagai norma baik norma agama, hukum, kesusilaan maupun kesopanan ialah …..
a. mencuri
b. menghina tetangga
c. menggunjing orang
d. memfitnah
27. Hukum bersifat memaksa, artinya ialah
a. setiap masalah akan dipidana
b. memiliki sanksi yang jelas dan tegas
c. para pejabat negara wajib mematuhi hukum
d. orang yang salah pasti dihukum
28. Tujuan diciptakannya peraturan atau hukum oleh negara ialah …..
a. memperlancar pembangunan
b. melindungi hak fakir miskin
c. menciptakan keamanan dan ketertiban
d. meringankan tugas polisi
29. Sanksi yang tepat diberikan kepada siswa yang melanggar tata tertib sekolah ialah …..
a. diberi tugas membersihkan WC
b. membuat karangan mengenai peraturan
c. dipulangkan dari sekolah
d. dilaporkan kepada polisi
30. Ciri orang yang patuh adalah memiliki sikap
a. menghormati pejabat negara
b. menghindari perselisihan pendapat
c. menghargai pendapat orang lain
d. menghindari perbuatan terlarang
31. Perilaku patuh terhadap norma sebaiknya didasari oleh …..
a. keinginan mengikuti orang lain
b. perasaan malu dengan teman
c. keinginan mendapat pujian
d. kesadaran untuk hidup teratur
32. Kehidupan masyarakat akan menjadi serasi, selaras, dan seimbang apabila …..
a. para pemimpin patuh hukum
b. alat negara bekerja dengan baik
c. masyarakat mematuhi norma
d. masyarakat giat melakukan gotong royong
33. Sikap yang wajib dikembangkan dalam pergaulan di masyarakat ialah …..
a. menghormati orang lain
b. memerhatikan tradisi masyarakat
c. selalu membantu tetangga
d. berusaha menyenangkan teman
34. Norma yang jika dilanggar berakibat dikucilkan masyarakat ialah norma …..
a. agama
b. hukum
c. kesusilaan
d. kesopanan
35. Hukum publik adalah hukum yang mengatur hubungan antara negara dan
a. negara
b. warga negara
c. pejabat negara
d. penduduk
36. Salah satu tindakan penjajah yang menyengsarakan rakyat Indonesia ialah
a. kerja paksa atau rodi
b. transmigrasi
c. kerja lembur
d. kerja bakti
37. Salah satu pahlawan nasional dari Sumatera Barat ialah …..
a. Pangeran Diponegoro
b. Teuku Umar
c. Tuanku Imam Bonjol
d. Pangeran Hidayat
38. Kebangkitan nasional lahir pada tanggal 20 Mei 1908 yang ditandai dengan berdirinya …
a. Jong Java
b. Budi Utomo
c. Partai Nasional Indonesia
d. Indonesia Muda
39. Dengan lahirnya proklamasi kemerdekaan diharapkan suatu bangsa dapat mencapai kemajuan dan kesejahteraan hidup bagi rakyatnya. Hal ini berarti proklamasi memiliki makna sebagai …..
a. keberhasilan bangsa
b. pembangunan bangsa
c. kebebasan bangsa
d. perjuangan bangsa
40. Dalam hidup bermasyarakat kita perlu mem
perhatikan norma-norma yang berlaku dan
a. pendapat para ulama
b. nasihat orang-orang yang dituakan
c. kebiasaan dan adat istiadat
d. anjuran orang-orang yang berpengaruh
41. Sehari sebelum naskah proklamasi dibacakan, Ir Soekarno dan Moh Hatta dibawa para pemuda ke sebuah daerah di Jawa Barat. Hal ini kemudian dikenal dngan peristiwa …..
a. Rengasdengklok
b. Surabaya
c. Tanjung Priok
d. Linggarjati
42. Bendera Pusaka yang dikibarkan setelah naskah proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh Ir Soekarno dibuat oleh .....
a. Kristina Martha Teaheahu
b. Fatmawati Soekarno
c. Dewi Sartika
d. Ny. Adam Malik
43. Kewajiban warga negara terhadap proklamasi kemerdekaan ialah …..
a. menghafal teks proklamasi
b. menghafal nama-nama pahlawan
c. menuntut ilmu setinggi-tingginya
d. mempertahankan dan mengisi dengan pembangunan
44. Agresi Belanda kedua terhadap RI mengakibatkan …..
a. bubarnya pemerintahan RI
b. Jenderal Sudirman ditangkap Belanda
c. datangnya Komisi Tiga Negara
d. Presiden dan Wakil Presiden ditangkap
45. Pernyataan tentang proklamasi kemerdekaan ditegaskan kembali dalam
a. Ketetapan MPR
b. Batang tubuh UUD 1945
c. Pembukaan UUD 1945
d. GBHN
46. Di bawah ini yang bukan merupakan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 ialah …..
a. Kebebasan
b. Kesatuan
c. Keadilan sosial
d. Ketuhanan Yang Maha Esa
47. Suasana kebatinan atau jiwa UUD 1945 wajib dipahami oleh …..
a. para pendiri bangsa
b. para pemimpin bangsa
c. wakil-wakil rakyat
d. seluruh warga negara Indonesia
48. Suasana kebatinan atau jiwa keadilan sosial tersermin di dalam UUD 1945 pasal …..
a. 27, 28, dan 33
b. 27, 33, dan 34
c. 28, 29, dan 35
d. 33, 34, dan 35
49. Kewajiban warga negara terhadap konstitusi negara ialah …..
a. mempelajari seluruh penyusunannya
b. mempelajari dan mencari kelemahannya
c. mempelajari dan mengamalkan
d. mengamalkan dan meneliti
50. Berikut ini yang bukan merupakan suasana kebatinan yang terkandung di dalam UUD 1945 ialah
a. memberikan kebebasan mutlak
b. menjunjung tinggi hukum
c. mengutamakan persatuan
d. melindungi fakir miskin
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, singkat, dan jelas!
1. Jelaskan hakikat norma yang berlaku dalam masyarakat!
2. Jelaskan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara!
3. Uraikanlah macam – macam norma yang berlaku dalam masyarakat!
4. Jelaskan perbedaan norma dilihat dari sumber, kekuatan mengikat, dan jenis sanksi yang diberikan kepada pelanggarnya!
5. Berikan contoh perbuatan yang menjunjung tinggi norma yang berlaku di masyarakat!
Kunci Jawaban via MFire ~> Download
0 komentar:
Posting Komentar