Kumpulan Soal IPA Kelas 6 SD Tentang Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup dengan Lingkungan Hidupnya : Dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas 6 SD pada bab 1 yakni tentang Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup dengan Lingkungan Hidupnya. Kemudian, bab itu dibagi lagi menjadi beberapa sub bab yakni Ciri-Ciri Khusus Beberapa Jenis Hewan dan Ciri-Ciri Khusus Beberapa Tumbuhan.
Adapun beberapa contoh Soal IPA Kelas 6 SD Bab 1 tentang Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup dengan Lingkungan Hidupnya, bisa Anda pelajari di bawah ini!
A. Pilih jawaban yang paling tepat!
1. Perhatikan pernyataan berikut ini.
1. Gema.
2. Bunyi dari mulut.
3. Cabang-cabang pohon atau serangga.
Berdasarkan pernyataan di atas, urutan cara kelelawar mengetahui letak makanan di malam hari, yaitu . . . .
a. 1, 2, 3 c. 2, 3, 1
b. 1, 3, 2 d. 3, 2, 1
2. Cecak dapat berjalan di dinding atau langit-langit rumah, karena . . . .
a. kulit kaki cecak tebal, dan banyak memiliki bulu-bulu halus
b. kulit kaki cecak tipis, dan banyak memiliki bulu-bulu kasar
c. kulit kaki cecak tipis dan banyak memiliki bulu-bulu halus
d. kulit kaki cecak tebal dan banyak memiliki bulu-bulu tebal
3. Perhatikan gambar unta. Unta dapat bertahan beberapa hari tidak makan karena memiliki
lemak yang disimpan di bagian . . . .
a. kepala
b. kaki
c. mulut
d. punuk
4. Unta merupakan hewan gurun yang memiliki bulu mata yang panjang, berguna untuk . . . .
a. melindungi muka dari pasir dan cahaya matahari
b. melindungi mata dari pasir dan cahaya matahari
c. melindungi hidung dari pasir dan cahaya matahari
d. melindungi mulut dari pasir dan cahaya matahari
5. Untuk mengelabui musuhnya pada saat dikejar maka cecak akan . . . .
a. lari kencang-kencang
b. menggerak-gerakkan ekornya
c. menyatukan diri dengan dinding
d. memutuskan ekornya
6. Eceng gondok dapat terapung di atas air karena pada . . . .
a. akar ada rongga-rongga udara
b. daun ada rongga-rongga udara
c. batang ada rongga-rongga udara
d. bunga ada rongga-rongga udara
7. Bebek dapat meluncur di kolam karena . . . .
a. memiliki selaput renang pada kakinya
b. paruh yang lebar dan panjang
c. memiliki kaki yang bentuknya lancip
d. paruhnya berbentuk panjang dan lebar
8. Tumbuhan kantung semar memakan serangga karena . . . .
a. hidup di rawa-rawa c. hidup di air
b. hidup di darat d. hidup di gambut
9. Bunga rafflesia berbau bangkai berfungsi untuk . . . .
a. menarik lalat c. menarik nyamuk
b. menarik kupu-kupu d. menarik burung kecil
10. Serangga akan terpikat oleh tumbuhan kantung semar karena . . . .
a. nektar c. daun licin
b. bau bangkai d. daun lebar
B. Salin dan lengkapi titik-titik berikut ini dengan benar!
1. Untuk menjauhkan badannya dari tanah agar tidak panas, unta memiliki kaki yang . . . .
2. Ikan mudah bergerak dalam air, karena tubuhnya . . . .
3. Daun telinga pada gajah sering digerak-gerakkan untuk . . . .
4. Gambar yang diberi tanda x adalah . . .
yang menggelembung berisi . . . .
5. Daun kaktus bentuknya . . . untuk mengurangi penguapan.
6. Bebek dapat menyaring makanan dari air dan lumpur, karena . . . .
7. Kulit gajah berkerut-kerut berfungsi untuk . . . .
8. Untuk memikat serangga, dinding daun kantung semar akan mengeluarkan . . . .
9. Tumbuhan kantung semar hidup di rawa-rawa yang kekurangan zat . . ., oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sangat bergantung pada . . . .
10. Kaktus dapat mengurangi penguapan air dengan permukaan daun yang . . . .
C. Jawab pertanyaan berikut dengan jelas dan singkat!
1. Apakah fungsi kantung lemak pada unta?
2. Bagaimana kelelawar dapat mengambil makanan pada malam hari? Jelaskan.
3. Mengapa cecak dapat melekat pada dinding?
4. Mengapa teratai atau eceng gondok selalu terapung di atas permukaan air?
5. Mengapa bebek dapat meluncur di permukaan air?
Demikianlah informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan Soal IPA Kelas 6 SD Bab 1: Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup dengan Lingkungan Hidupnya, yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI Kelas VI. Semoga bermanfaat!!!
0 komentar:
Posting Komentar