KISI-KISI SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
MATA PELAJARAN : PKn ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
KURIKULUM ACUAN : KTSP JUMLAH SOAL : 50 (LIMA PULUH)
KELAS : VII ( Tujuh ) BENTUK SOAl : PILIHAN GANDA
NO | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR | NO SOAL |
1 | Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM) | Menguraikan hakikat hukum dan kelembagaan HAM | Deskripsi tentang HAM | Peserta didik dapat menjelaskan Pengertian Hak Asasi Manusia | 1 |
| | | | Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3 macam HAM dalam bidang politik | 2 |
| | | | Disajikan pernyataan hak-hak dasar manusia, peserta didik dapat menunjukan 3 Macam HAM di bidang sosial budaya | 3 |
| | | Sejarah perjuangan HAM | Peserta didik dapat menunjukkan revolusi yang mengawali perlindungan HAM di dunia | 4 |
| | | | Peserta didik dapat menunjukkan pengakuan HAM menurut Piagam PBB tahun 1948 | 5 |
| | | Dasar hukum penegakkan HAM di Indonesia | Peserta didik dapat menunjukkan dasar hukum tentang penegakan HAM di Indonesia | 6 |
| | | | Peserta didik dapat menjelaskan yang diatur dalam UU No. 26 Tahun 2000 | 7 |
| | | Lembaga perlindungan HAM | Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat mengidentifikasi 2 lembaga perlindungan HAM | 8 |
| | | | Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukan 2 tujuan Komnas HAM | 9 |
| | | Perundang-undangan HAM nasional | Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat menunjukan perundang-undangan yang mengatur tentang HAM di Indonesia | 10 |
| | | | Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat menjelaskan Latar belakang lahirnya peraturan perundangan tentang HAM | 11 |
| | | | Disajikan gambar, Peserta didik dapat menunjukkan pasal dalam UUD 1945 tentang Perlidungan HAM | 12 |
| | Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan HAM | Kasus Pelanggaran HAM | Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pelanggaran HAM | 13 |
| | | | Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi Kasus pelanggaran HAM berat yang pernah terjadi di Indonesia | 14 |
| | | | Peserta didik dapat menunjukkan Pelanggaran HAM di lingkungan keluarga | 15 |
| | | | Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukan Pelanggaran HAM di lingkungan masyarakat | 16 |
| | | Penegakkan HAM | Peserta didik dapat menunjukkan kewenangan Pengadilan Hak Azasi Manusia | 17 |
| | | | Peserta didik dapat menunjukan penegakkan HAM di Indonesia | 18 |
| | Menghargai upaya perlindungan HAM | Peranan lembaga perlindungan HAM | Peserta didik dapat menunjukkan tujuan dibentuknya KOMNAS HAM | 19 |
| | | | Disajikan 4 kolom , Peserta didik dapat menunjukkan 2 kolom yang berisi penegak hukum di negara RI | 20 |
| | | | Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat menentukan 3 fungsi Komnas HAM | 21 |
| | Menghargai upaya penegakkan HAM | Sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM | Disajikan pernyataan , peserta didik dapat menunjukan sikap positif terhadap penegakan HAM | 22 |
| | | | Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukkan bentuk partisipasi masyarakat dalam upaya penegakan HAM | 23 |
| | | | Peserta didik dapat menunjukkan contoh wujud partisipasi penegakkan HAM di lingkungan masyarakat | 24 |
| | | | Perserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku positif terhadap penegakkan HAM di lingkungan Sekolah | 25 |
2 | Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat | Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat | Pengertian mengeluarkan pendapat | Peserta didik dapat menjelaskan Pengertian kebebasan mengemukakan pendapat di muka umum | 26 |
| | | | Disajikan 4 gambar peserta didik dapat menunjukkan gambar mengemukakan pendapat secara tulisan. | 27 |
| | | Perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat | Disajikan 4 gambar, siswa dapat memilih 2 gambar yang sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 | 28 |
| | | | Peserta didik dapat menunjukkan latar belakang dikeluarkannya peraturan perundang-undangan tentang menyampaikan pendapat | 29 |
| | | | Disajikan gambar demontrasi, peserta didik dapat menunjukkan Undang-Undang yang mengatur kegiatan gambar tersebut. | 30 |
| | | Bentuk-bentuk menyampaikan pendapat dimuka umum | Disajikan gambar demo anarkhis, peserta didik dapat mengidentifikasi akibat perilaku pada gambar tersebut. | 31 |
| | | | Disajikan gambar kampanye, peserta didik dapat menunjukkan bentuk menyampaikan pendapat sesuai gambar tersebut | 32 |
| | | | Disajikan tabel, peserta didik dapat menunjukkan bentuk-bentuk mengemukakan pendapat dimuka umum | 33 |
| | | | Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukkan 2 cara mengemukakan pendapat secara baik dan benar | 34 |
| | | | Peserta didik dapat menunjukkan salah satu azas menyampaikan pendapat | 35 |
| | | Akibat pembatasan kemerdekaan mengemukakan pendapat | Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi 3 akibat pembatasan kebebasan mengemukakan pendapat | 36 |
| | | Konsekuensi kebebasan mengemukakan pendapat tanpa batas | Disajikan gambar demo anrkhis, peserta didik dapat menunjukkan akibat dari kegiatan gambar tersebut | 37 |
| | | | Disajikan ilustrasi kasus mengemukakan pendapat secara anarkis, peserta didik dapat menentukan cara untuk menyikapinya | 38 |
| | Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | Kebebasan yang bertanggung jawab | Peserta didik dapat menjelaskan alasan mengemukakan pendapat harus dilandasi kebebasan yang bertanggung jawab | 39 |
| | | Tempat untuk menyampaikan pendapat di muka umum | Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan tempat yang di larang dalam menyampaikan pendapat di muka umum | 40 |
| | | | Peserta didik dapat menjelaskan alasan mengapa fasiliitas umum dilarang untuk demontrasi | 41 |
| | | Tata cara mengemukakan pendapat | Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukan 2 cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | 42 |
| | | | Disajikan Gambar, peserta didik dapat menentukan aparatur negara yang bertugas untuk melakukan pengamanan saat menyampaikan pendapat di muka umum | 43 |
| | | | Disajikan pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi hari-hari yang dilarang untuk menyampaikan pendapat dimuka umum | 44 |
| | | | Peserta didik dapat menjelaskan kewajiban yang harus diperhatikan dalam menyampaikan pendapat di muka umum | 45 |
| | | | Peserta didik dapat menunjukkan kewajiban pemerintah terhadap kelompok yang mengemukakan pendapat dimuka umum | 46 |
| | | | Peserta didik dapat memberikan contoh kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan sekolah secara bertanggungjawab | 47 |
| | Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | Sikap positif mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab | Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukan sikap positif terhadap penggunaan hak mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab | 48 |
| | | | Peserta didik dapat memberikan contoh sikap positif dalam mengemukakan pendapat sesuai dengan bahasa dan budaya Indonesia | 49 |
| | | | Disajikan gambar musyawarah, peserta didik dapat menentukan nilai karakter dari gambar tersebut. | 50 |
0 komentar:
Posting Komentar